Pentingnya Penggunaan Sunscreen dan Sunblock

Pentingnya Penggunaan Sunscreen dan Sunblock

Sebagai salah satu negara yang berada di garis Khatulistiwa, Indonesia memiliki iklim tropis yang disinari matahari sepanjang tahun. Kamu pasti tahu bahwa sinar matahari terdapat sinar ultraviolet (UV) yang dapat diubah tubuh untuk menjadi vitamin D. Sinar ultraviolet ini juga dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan panjang gelombangnya: UVA (gelombang panjang), UVB (pendek), dan UVC (sangat pendek). Semakin pendeknya panjang gelombangnya, maka semakin tinggi tingkat radiasinya. Namun berkat lapisan ozon bumi, tidak semua sinar ultraviolet langsung mengenai kita, seperti UVC yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup.

95% sinar ultraviolet yang mencapai bumi ialah sinar UVA yang mampu menembus awan serta kaca. Meskipun tidak begitu berbahaya, jenis sinar UV ini tetap berpotensi menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, ataupun kanker kulit. Hal ini disebabkan karena sinar UVA dapat menembus hingga lapisan dermis. Selain UVA, masih ada sinar UVB yang mampu mencapai permukaan bumi. Jika dibandingkan dengan sinar UVA, sinar UVB hanya mampu mencapai bagian atas lapisan epidermis. Namun, dikarenakan gelombangnya yang lebih pendek, radiasi UVB dapat menyebabkan kulit merah, perih, terasa terbakar, hingga membuat kulit cenderung lebih gelap.

Mengingat bahaya yang dapat ditimbulkan oleh sinar UV, maka kulit memerlukan perlindungan dari sinar matahari, yang mana dapat diperoleh dari penggunaan sunscreen dan sunblock. Sunscreen merupakan lotion tabir surya yang mengandung senyawa kimia yang bertugas menyerap sinar matahari seperti oxybenzone atau avobenzone, sehingga dapat diserap oleh kulit sebelum sinar UV mencapai lapisan kulit dan merusaknya. Umumnya, sunscreen hanya dapat melindungi kulit dari sinar UVB. Sedangkan, sunblock merupakan tabir surya yang mengandung titanium dioksida atau seng oksida di dalamnya dimana dapat menghalangi dan memantulkan sinar matahari dari kulit. Dengan adanya kandungan tersebut, sunblock dinilai ampuh dalam melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Pada dasarnya kedua jenis lotion tersebut sama-sama berfungsi secara optimal untuk mencegah efek buruk dari sinar UV, sehingga kembali lagi ke preferensi pengguna terkait kandungan apa saja yang dibutuhkan kulit pada saat tersebut, seperti untuk penggunaan sehari-hari dimana tidak terpapar sinar matahari secara langsung, sunscreen dianggap sudah cukup. Sedangkan, untuk aktivitas di luar ruangan dimana mengharuskan kulit untuk terpapar sinar matahari secara langsung, maka sunblock menjadi pilihan yang cocok.

Tetapi, penggunaan sunscreen dan sunblock yang kurang tepat tidak dapat memberikan perlindungan yang optimal terhadap kulit dari sinar matahari. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara mengaplikasikan sunscreen dan sunblock dengan tepat. Sebaiknya, sunscreen dioleskan 20 menit sebelum keluar dari ruangan dikarenakan kandungannya yang memerlukan waktu untuk menyerap ke dalam kulit. Sedangkan sunblock dapat langsung bekerja sesaat setelah dioleskan ke kulit. Untuk hasil yang maksimal, keduanya perlu dioleskan kembali setiap 2-3 jam dengan takaran satu sendok makan pada wajah, dan sekitar 2 ons pada tubuh.

Sunscreen atau sunblock dapat menjadi rangkaian yang tepat dalam melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Keduanya mampu memberikan perlindungan yang optimal berdasarkan preferensi pengguna terkait kandungan apa saja yang dibutuhkan kulit pada saat tersebut, apabila diaplikasikan dengan cara yang tepat. Sunblock sebaiknya dipilih jika kita akan melakukan aktivitas di luar ruangan dimana akan terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama, sedangkan sunscreen dapat dipilih jika kita tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Referensi:

www.alodokter.com/manfaatkan-berjemur-sinar-matahari-pagi-demi-kesehatan-kulit

https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/6-manfaat-menggunakan-sunscreen-yang-perlu-diketahui

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/bedanya-sunscreen-dan-sunblock/

https://www.popmama.com/life/fashion-and-beauty/faela-shafa/perbedaan-sunscreen-dan-sunblock-serta-manfaatnya/6

https://saintif.com/lapisan-ozon/

https://www.thebodyshop.co.id/blog/perbedaan-uva-dan-uvb

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/cara-memakai-sunscreen-yang-benar/

https://www.popbela.com/beauty/skin/dinalathifa/cara-menggunakan-sunblock/full

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/bedanya-sunscreen-dan-sunblock/

Gambar:

https://ak.picdn.net/shutterstock/videos/8749108/thumb/9.jpg

https://www.wexfordskinclinic.ie/wp-content/uploads/2018/07/UVA-UVB.png

Bianca Chelsea Putri Nugroho dan Sonia