Olahraga Lebih Asik dengan Dance Workout

Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak masyarakat yang menginginkan pola hidup sehat dan berat badan yang ideal dengan menerapkan diet sehat dan olahraga yang dilakukan secara rutin. Selain itu, agar berat badan cepat turun, hal yang perlu diperhatikan adalah kita harus menjalaninya dengan pikiran yang senang dan tidak dalam keadaan stress.

Saat ini sudah banyak diet sehat dan olahraga rutin yang dapat dicari melalui internet. Salah satunya adalah ‘Dance Workout’. Dance Workout merupakan salah satu cara untuk berolahraga dengan cara yang menyenangkan karena kita akan melakukan gerakan – gerakan menari yang dapat membantu membakar kalori dalam tubuh setidaknya sebanyak 400 – 600 kalori per jamnya.

Dance Workout memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kita. Contohnya seperti meningkatkan daya ingat, meningkatkan fleksibilitas, mengurangi stress/depresi, melatih keseimbangan, meningkatkan mood, membentuk otot, dan pastinya dapat membantu kita dalam mengurangi berat badan. Dilihat dari manfaat – manfaat tersebut, Dance Workout ini merupakan olahraga rutin yang sangat cocok untuk dilakukan masyarakat di rumah selama masa pandemi seperti sekarang ini. Selain menurunkan berat badan, Dance Workout juga membantu membuat pikiran kita tetap positif dimana hal tersebut sangat baik dalam proses penurunan berat badan.

Untuk kalian yang mengira Dance Workout ini akan sulit bagi pemula, tenang saja! Di YouTube sudah terdapat banyak Dance Workout yang dapat dipilih dan diikuti sesuai dengan kebutuhan kalian. Misalnya kalian menyukai KPOP, kami dapat menyarankan channel yang bernama ‘sarahkaypop’. Channel YouTube ini berisi macam – macam Dance Workout dengan iringan lagu KPOP beserta gerakan yang dipermudah sedemikian rupa untuk dapat diikuti bagi pemula yang tidak pernah melakukan Dance Workout sebelumnya.

Bagi kalian yang baru akan memulai Dance Workout ini, dapat melakukan peregangan terlebih dahulu agar tubuh terasa fleksibel untuk menghindari terjadinya cedera selama melakukan Dance Workout. Nah, kebetulan sekali di channel sarahkaypop sangat cocok bagi kita yang baru memulai Dance Workout dikarenakan dalam channel ini terdapat video tentang peregangan rutin yang berjudul ‘BTS _ Spring Day (봄날) Stretching Routine’. Video peregangan ini sangat efektif karena banyak gerakan peregangan yang menargetkan seluruh bagian tubuh, contohnya:

Seperti yang kalian lihat di atas, gerakan overhead stretch ini merupakan bagian dari teknik peregangan samping yang bagus untuk menguatkan otot perut dan sekitar paru-paru.

Kemudian gerakan cross toe touch seperti yang terlihat di atas merupakan gerakan yang sangat efektif untuk peregangan karena memiliki banyak manfaat, seperti menaikkan detak jantung, menargetkan spot otot bagian tubuh bawah yang sangat baik untuk membakar kalori, dan meningkatkan keseimbangan pada tubuh.

Berikutnya ada gerakan lunge. Gerakan ini lebih menargetkan pada otot bagian kaki yang baik untuk meningkatkan kekuatan otot pada bagian betis, paha belakang, dan ketahanan.

Nah, setelah melihat gerakan – gerakan di atas apakah kalian tertarik untuk mencoba Dance Workout? Jika tertarik kalian dapat langsung mencari video guide Dance Workout yang berada di berbagai media dan langsung memperagakannya ya, guys!

Cindy, Gilbert Pradipta Susanta Sanjaya, dan Tiara Afifah Prasanti