Perubahan Iklim Di Dalam Situasi Pandemi

Pada bulan Februari, sebuah analisis yang dilakukan oleh kelompok iklim Carbon Brief menemukan bahwa ketika pandemi menguasai ekonomi China dan industri berat ditutup, emisi dari negara tersebut menurun hingga 25 persen. Analisis lain yang juga dilakukan oleh Carbon Brief pada awal April memperkirakan bahwa secara global pada tahun ini, emisi dapat menurun hingga 5,5 persen dari level 2019. Angka itu mungkin tampak rendah, mengingat lebih sedikit mobil yang berada di jalan raya dan kegiatan industri yang ditunda, tetapi secara konteks hal ini dapat terhitung menakjubkan. Sampai sekarang, emisi telah meningkat beberapa persen tahun demi tahun. Hal itu terjadi meskipun negara-negara di dunia berjanji untuk mengurangi emisi mereka secara individual sebagai bagian dari Perjanjian Paris, dengan tujuan akhir menjaga pemanasan di bawah 2 derajat Celcius di atas suhu global pra-industri.

Sementara emisi CO2 dapat dikatakan anjlok selama lockdown, tetapi konsentrasi gas yang  “tahan lama”  terus meningkat di atmosfer. Periode dari 2016 hingga 2020 kemungkinan akan menjadi periode lima tahunan terhangat yang pernah tercatat. Laporan United in Science mempertemukan para ahli dari sejumlah besar organisasi internasional, termasuk PBB dan Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), untuk memberikan gambaran terkini tentang keadaan iklim global. Studi tersebut menunjukkan bahwa lockdown global memiliki dampak yang signifikan dan langsung terhadap emisi gas rumah kaca, dengan tingkat harian pada April 2020 turun 17% dibandingkan dengan 2019. Namun penurunan yang curam ini belum dapat  dipertahankan. Karena disaat dunia kembali bekerja, emisi meningkat dan pada bulan Juni berada dalam 5% dari tahun sebelumnya.

Namun, sepanjang tahun 2020, emisi diperkirakan akan turun 4-7%. Meskipun emisi dapat memberi tahu kita apa yang terjadi di tanah, konsentrasi gas-gas di atmosfer inilah yang membuat semua perbedaan untuk suhu global. Karena CO2 dapat bertahan selama berabad-abad, menambahkan sedikit saja ke udara meningkatkan potensi pemanasan dari semua gas yang telah menumpuk selama beberapa dekade. Studi baru ini menunjukkan apa yang sebenarnya terjadi di beberapa stasiun pemantauan utama di seluruh dunia.

Munculnya COVID-19 pertama kali diidentifikasi pada 30 Desember 2019 dan dinyatakan sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia pada 11 Maret 2020. Kasus menyebar dengan cepat, awalnya terutama di China selama Januari, tetapi dengan cepat meluas ke Korea Selatan, Jepang, Eropa ( terutama Italia, Prancis dan Spanyol) dan Amerika Serikat antara akhir Januari dan pertengahan Februari, sebelum mencapai proporsi global pada saat pandemi diumumkan. Langkah-langkah yang semakin ketat diberlakukan oleh pemerintah dunia dalam upaya, awalnya, untuk mengisolasi kasus dan menghentikan penularan virus, dan kemudian memperlambat laju penyebarannya. Tindakan yang diberlakukan ditingkatkan mulai dari isolasi individu yang bergejala hingga larangan pertemuan massal, penutupan sekolah secara wajib, dan bahkan kurungan rumah wajib. Pengurungan populasi menyebabkan perubahan drastis dalam penggunaan energi, dengan perkiraan dampak pada emisi CO2.

Terlepas dari pentingnya emisi CO2 untuk memahami perubahan iklim global, sistem tidak tersedia untuk memantau emisi global secara real time. Emisi CO2 dilaporkan sebagai nilai tahunan, sering kali dirilis berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah akhir tahun kalender. Meskipun demikian, beberapa data proxy tersedia hampir secara real-time atau dalam interval bulanan. Data kelistrikan frekuensi tinggi tersedia untuk beberapa kawasan (misalnya, Eropa dan Amerika Serikat), tetapi jarang sekali data emisi CO2 yang terkait. Penggunaan bahan bakar fosil diperkirakan untuk beberapa negara pada tingkat bulanan, dengan data biasanya dirilis beberapa bulan kemudian. Pengamatan konsentrasi CO2 di atmosfer tersedia hampir dalam waktu nyata, tetapi pengaruh variabilitas alami dari siklus karbon dan meteorologi sangat besar dan menutupi variabilitas dalam sinyal antropogenik dalam waktu yang singkat. Pengukuran satelit untuk inventaris CO2 kolom memiliki ketidakpastian yang besar dan juga mencerminkan variabilitas fluks CO2 alami, dan karenanya belum dapat digunakan dalam waktu yang hampir bersamaan untuk menentukan emisi antropogenik.

Mengingat kurangnya data emisi CO2 waktu nyata, kami merancang pendekatan alternatif untuk memperkirakan emisi tingkat negara berdasarkan indeks kurungan (CI) yang disusun untuk menangkap sejauh mana kebijakan yang berbeda memengaruhi emisi, dan data aktivitas harian yang tersedia untuk enam sektor ekonomi. Perubahan emisi CO2 yang terkait dengan pengurungan bersifat informatif dalam berbagai cara. Pertama, perubahan emisi sepenuhnya disebabkan oleh pengurangan permintaan energi secara paksa. Meskipun dalam kasus ini gangguan permintaan tidak disengaja atau diterima, efeknya memberikan indikasi kuantitatif dari batas potensial yang dapat diberikan oleh tindakan ekstrim dengan bauran energi saat ini (misalnya, tingkat pekerja rumahan yang lebih tinggi atau pengurangan konsumsi). Kedua, selama krisis ekonomi sebelumnya, penurunan emisi berumur pendek dengan rebound pascakrisis yang memulihkan emisi ke lintasan aslinya, kecuali jika krisis ini didorong oleh faktor energi seperti krisis minyak tahun 1970-an dan 1980-an, yang menyebabkan pergeseran substansial dalam efisiensi energi dan pengembangan sumber energi alternatif. Misalnya, Krisis Keuangan Global 2008–2009 memperlihatkan penurunan emisi CO2 global sebesar –1,4% pada tahun 2009, segera diikuti oleh pertumbuhan emisi sebesar + 5,1% pada tahun 2010, jauh di atas rata-rata jangka panjang. Emisi segera kembali ke jalur sebelumnya hampir seolah-olah krisis tidak terjadi.

Analisis ini  menggunakan kombinasi data energi, aktivitas dan kebijakan yang tersedia hingga akhir April 2020 untuk memperkirakan perubahan emisi harian selama pengurungan dari pandemi COVID-19, dan implikasinya terhadap pertumbuhan emisi CO2 di 2020. Kami membandingkan perubahan emisi ini dengan emisi harian rata-rata untuk tahun terakhir yang tersedia (2019 untuk dunia) untuk memberikan ukuran kuantitatif perubahan relatif dibandingkan dengan kondisi sebelum COVID.

Perubahan emisi CO2 diperkirakan untuk tiga tingkat pengurungan dan untuk enam sektor ekonomi, sebagai produk emisi CO2 per sektor sebelum pengurungan dan sebagian penurunan emisi tersebut karena parahnya pengurungan dan dampaknya pada setiap sektor. Analisis dilakukan di 69 negara, 50 negara bagian AS dan 30 provinsi di Cina, yang mewakili 85% populasi dunia dan 97% emisi CO2 global.

Indeks kurungan (CI) didefinisikan pada skala 0 sampai 3 dan mengalokasikan sejauh mana aktivitas normal sehari-hari dibatasi untuk sebagian atau seluruh populasi. Skala 0 menunjukkan tidak ada tindakan yang dilakukan, skala 1 menunjukkan kebijakan yang ditargetkan pada kelompok kecil orang yang diduga membawa infeksi, skala 2 menunjukkan kebijakan yang ditargetkan ke seluruh kota atau wilayah atau yang mempengaruhi sekitar 50% masyarakat dan skala 3 menunjukkan kebijakan nasional yang secara substansial batasi rutinitas harian semua kecuali pekerja kunci (Metode Perpanjangan Tambahan). Selama fase kurungan awal sekitar Tahun Baru Imlek di Tiongkok (mulai 25 Januari 2020), sekitar 30% emisi global berada di area yang dikurung. Ini meningkat menjadi 70% pada akhir Februari, dan lebih dari 85% pada pertengahan Maret ketika pengurungan di Eropa, India dan Amerika Serikat dimulai, saat China mengendurkan pengurungan.  Puncaknya pada awal April, 89% emisi global berada di wilayah yang dikurung.

Enam sektor ekonomi yang tercakup dalam analisis ini adalah: (1) tenaga (44,3% dari emisi CO2 fosil global), (2) industri (22,4%), (3) transportasi permukaan (20,6%), (4) bangunan umum dan perdagangan (di sini disingkat menjadi ‘publik’, 4.2%), (5) perumahan (5.6%) dan (6) penerbangan (2.8% (Metode)). Kami mengumpulkan data time-series (terutama harian) yang mewakili aktivitas yang mengeluarkan CO2 di setiap sektor untuk menginformasikan perubahan di setiap sektor sebagai fungsi dari tingkat kurungan. Data tersebut mewakili perubahan aktivitas, seperti permintaan listrik atau lalu lintas jalan dan udara, daripada perubahan langsung dalam emisi CO2. Kami membuat sejumlah asumsi untuk mencakup enam sektor berdasarkan data yang tersedia dan sifat dari kurungan. Perubahan di sektor transportasi permukaan dan penerbangan paling baik dibatasi oleh indikator lalu lintas dari berbagai negara, yang mencakup data perkotaan dan nasional. Perubahan emisi sektor tenaga listrik disimpulkan dari data kelistrikan dari Eropa, Amerika Serikat dan India. Perubahan industri disimpulkan terutama dari aktivitas industri di Cina dan produksi baja di Amerika Serikat. Perubahan di sektor perumahan disimpulkan dari data meteran pintar Inggris, sedangkan perubahan di sektor publik didasarkan pada asumsi tentang sifat kurungan. Semua perubahan aktivitas relatif terhadap tingkat aktivitas biasa sebelum pandemi COVID-19.

Data aktivitas menunjukkan bahwa perubahan aktivitas sehari-hari di tingkat negara, negara bagian atau provinsi paling besar terjadi di sektor penerbangan, dengan penurunan aktivitas harian sebesar -75% (-60 hingga -90%) selama kurungan level 3 (Tabel 2) . Transportasi permukaan mengalami penurunan aktivitasnya sebesar –50% (–40 hingga –65%), sedangkan sektor industri dan publik mengalami penurunan aktivitas sebesar –35% (–25 hingga –45%) dan –33% (–15 hingga –50 %), masing-masing. Juga selama kurungan level 3, aktivitas listrik mengalami penurunan sebesar –15% (–5 hingga –25%) dan sektor perumahan mengalami peningkatan aktivitas sebesar + 5% (0 hingga + 10%). Data aktivitas juga menunjukkan penurunan substansial dalam aktivitas selama kurungan tingkat 2, dan hanya penurunan kecil selama kurungan tingkat .

Reference

Wired: How Is the Coronavirus Pandemic Affecting Climate Change? Retrieved from: https://www.wired.com/story/coronavirus-pandemic-climate-change/

Reliefweb: COVID-19 and Climate Change. Retrieved from: https://reliefweb.int/report/world/covid-19-and-climate-change

Nature: Temporary reduction in daily global CO2 emissions during the COVID-19 forced confinement Retrieved from: https://www.nature.com/articles/s41558-020-0797-x

BBC: UN report: Covid crisis does little to slow climate change. Retrieved from:https://www.bbc.com/news/science-environment-54074733

BBC: Climate change and coronavirus: Five charts about the biggest carbon crash. Retrieved from:https://www.bbc.com/news/science-environment-52485712

Carbonbrief: Analysis: What impact will the coronavirus pandemic have on atmospheric CO2?.Retrieved from: https://www.carbonbrief.org/analysis-what-impact-will-the-coronavirus-pandemic-have-on-atmospheric-co2

Regina Ivy Graciella