DAMPAK TEKNOLOGI DI BIDANG PENDIDIKAN

Sumber Gambar : http://diskusiguru.com/2018/06/07/macam-macam-teknologi-pendidikan/

Menurut Ramey (2013), penggunaan teknologi yang efektif dalam pendidikan telah mengubah aspek pendidikan dan menciptakan lebih banyak peluang pendidikan. Para guru belajar tentang bagaimana mengintegrasikan teknologi ke dalam kelas mereka. Kemudian, siswa mungkin lebih tertarik belajar dengan teknologi. Batas-batas antara siswa dan guru dihapus karena teknologi; mereka dapat berkolaborasi secara real time menggunakan teknologi pendidikan canggih. Teknologi telah membantu dalam pertumbuhan pembelajaran bergerak dan pembelajaran jarak jauh. Penggunaan teknologi internet telah memungkinkan guru untuk menjangkau siswa lintas batas dan juga siswa dari negara berkembang telah menggunakan teknologi Internet untuk berlangganan kursus pendidikan lanjutan. Banyak universitas dan perguruan tinggi telah mengadopsi pendidikan online dengan menciptakan ruang kelas virtual.

10 keunggulan teknologi dalam pendidikan yaitu:

  1. Teknologi membuka batas-batas pendidikan

Teknologi mendukung pembelajaran virtual atau online. Pembelajaran online fleksibel dan siswa dari lokasi geografis yang berbeda dapat menghadiri kelas yang sama tanpa perlu melakukan perjalanan dari lokasi tersebut. Kemajuan teknologi virtual telah mendukung komunikasi tatap muka antara siswa dan guru di dunia virtual.

  1. Teknologi menyederhanakan akses ke sumber daya pendidikan.

Teknologi membantu siswa mendapatkan akses ke sumber daya pendidikan terbuka. Sumber daya ini disimpan di bawah domain publik dan tersedia secara bebas untuk siapa saja melalui jaringan global. Sumber daya pendidikan ini termasuk buku elektronik (e-book), podcast, perpustakaan digital, game pendidikan, video dan instruksi pendidikan, tutorial, dan banyak lagi. Selain itu, penggunaan ponsel untuk tujuan pendidikan membantu siswa dan guru mengakses informasi pendidikan melalui EdTech Apps. Guru juga menggunakan video dan klip pelajaran online untuk mempelajari bagaimana pendidik lain menggunakan teknologi di kelas dan pendidikan, teknik dan pendekatan ini dilakukan oleh pendidik lain mempromosikan pelatihan mandiri dan membantu banyak guru ketika datang untuk mengintegrasikan teknologi di ruang kelas mereka sendiri.

  1. Teknologi memotivasi siswa.

Penggunaan instruksi berbasis komputer membuat siswa merasa mengendalikan apa yang mereka pelajari. Siswa merasa mudah belajar dengan teknologi karena komputer lebih sabar dibandingkan manusia. Guru memposting instruksi pendidikan di blog kelas, atau menugaskan makalah penelitian melalui email, dan ini memberi siswa waktu untuk belajar sendiri dan tidak takut membuat kesalahan selama proses pembelajaran. Selain itu, penggunaan teknologi pendidikan Gamification telah meningkatkan minat siswa dalam belajar, guru menggunakan teka-teki pendidikan dan video game untuk mengajar siswa cara mengatasi berbagai tantangan akademis, semua proses ini membuat siswa senang belajar.

  1. Teknologi meningkatkan keterampilan menulis dan belajar siswa.

Penggunaan komputer di kelas telah membantu banyak siswa belajar bagaimana menulis kalimat dan paragraf yang disusun dengan baik. Komputer memiliki aplikasi pengolah kata yang digunakan siswa untuk membuat catatan di kelas, aplikasi ini memiliki kamus internal yang membantu siswa memperbaiki kesalahan pengejaan dan juga memperbaiki tata bahasa mereka dalam sebuah kalimat.

  1. Teknologi membuat mata pelajaran mudah dipelajari.

Berbagai jenis perangkat lunak pendidikan dirancang untuk membantu siswa mempelajari berbagai mata pelajaran dengan lebih mudah. Sebagai contoh, banyak siswa mengeluh bahwa belajar matematika itu sulit, sehingga beberapa dari mereka telah memutuskan untuk menggunakan perangkat lunak pendidikan matematika.

  1. Mempromosikan pembelajaran individu.

Alat teknologi, seperti ponsel dan Internet, memberi siswa kesempatan untuk belajar sendiri. Banyak siswa lebih suka belajar sendiri dan menemukan konten untuk diri mereka sendiri, proses ini memungkinkan mereka untuk mencoba beberapa opsi untuk menyelesaikan tugas tertentu di sekolah. Siswa menggunakan permainan dan perangkat lunak pendidikan interaktif untuk mengembangkan berbagai keterampilan akademik.

  1. Mendukung instruksi yang berbeda

Guru dapat menggunakan teknologi untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa di kelas atau di luar kelas. Penggunaan perangkat lunak penilaian kelas dan program pemantauan kinerja membantu para guru merencanakan untuk setiap siswa berdasarkan kinerja dan kemampuan belajar mereka. Guru mungkin berada dalam posisi untuk mengklasifikasikan siswa dan mengetahui kelemahan dan kekuatan mereka dalam hal pendidikan.

  1. Meningkatkan kolaborasi antara guru dan siswa.

Penggunaan teknologi komunikasi canggih dalam pendidikan membantu guru menjangkau siswa mereka dengan mudah dan juga membantu siswa menjangkau guru atau teman sekelasnya secara real time. Fleksibilitas dalam interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa ini membantu siswa yang pemalu meningkatkan nilai mereka.

  1. Mempersiapkan siswa untuk pekerjaan teknologi di masa depan.

Ketika dunia berkembang, setiap pekerjaan di masa depan akan membutuhkan pelamar untuk memiliki beberapa keterampilan teknis. Oleh karena itu, penggunaan teknologi dalam pendidikan mempersiapkan anak-anak kita untuk kondisi kerja yang lebih baik di masa depan. Siswa menggunakan komputer di kelas untuk mengembangkan aplikasi kreatif yang dapat digunakan pada ponsel atau tablet untuk tujuan pendidikan. Keuntungan mengetahui cara menggunakan komputer tidak terbatas, sehingga semakin banyak waktu yang dihabiskan siswa menggunakan berbagai alat teknologi di sekolah, semakin banyak pengalaman dan kreativitas yang akan mereka miliki.

  1. Meningkatkan inovasi dan kreativitas siswa.

Banyak guru telah menemukan bahwa mengintegrasikan teknologi ke dalam kelas mereka meningkatkan partisipasi siswa di kelas. Jadi sekarang mereka mengatur kompetisi teknologi di mana siswa dapat membuat teknologi pendidikan kecil seperti robot, pena pintar, aplikasi mobile, dan banyak lagi. Kompetensi teknologi ini di sekolah telah meningkatkan tingkat kreativitas dan inovasi di kalangan siswa. Teknologi mengajarkan siswa bagaimana menyelesaikan tantangan dan mempersiapkan tugas yang lebih sulit dalam kehidupan.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : www.useoftechnology.com

Valentino Qad’r