MANFAAT TEH HIJAU

 


Sumber  : http://oliveoilmarketplace.com/product/matcha-powder-organic/

Matcha adalah sebuah produk dari teh hijau yang diproses dengan menggiling daun teh hijau sampai halus hingga menjadi bubuk tepung. Matcha sering kali dijadikan sebagai perisa dan pewarna untuk berbagai jenis makanan dan minuman seperti pudding matcha,  matcha thai tea, es krim matcha, dan masih banyak lagi. Bahkan banyak produk kecantikan yang juga memakai matcha sebagai ekstrak karena kandungan aktifnya.  Misalnya seperti krim wajah matcha, masker matcha, dan masih banyak lagi.

Akhir-akhir ini matcha sedang menjadi rasa yang  trend dikalangan anak muda. Banyak orang yang menyukai rasa matcha dengan rasa khas pahit dan harum tehnya. Namun, apa manfaat dari matcha tersebut? Pada artikel kali ini akan memberi informasi mengenai manfaat matcha untuk kecantikan dan juga kesehatan karena matcha sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

  1. Matcha memiliki asupan antioksidan yang tinggi.

Antioksidan berfungsi untuk mencegah penuaan dini khususnya pada remaja. Antioksidan bersifat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang sehat. Menurut beberapa penelitian, zat ini dapat mencegah peradangan yang di dalam tubuh, membentuk arteri yang sehat, dan membantu memperbaiki sel.

2.Dapat mengurangi risiko sakit jantung

Sakit jantung adalah kondisi dimana pemasokan darah terhambat ke jantung. Biasanya disebabkan oleh penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol, dan unsur lainnya. Gangguan aliran darah ke jantung tersebut bisa merusak atau menghancurkan otot jantung dan bisa berakibat fatal salah satunya dapat menyebabkan kematian. Dengan mengonsumsi matcha, selain untuk mendetoks tubuh ternyata macha juga dapat menurangi dampak-dampak buruk pada tubuh dan juga sangat efektif untuk  menjaga kesehatan jantung

  1. Untuk kamu yang sedang diet, matcha dapat menurunkan berat badan lho!

Kandungan pada macha dapat meningkatkan metabolisme, menghambat pembentukan jaringan lemak baru, dan menurunkan kadar gula di tubuh kamu. Di samping manfaat dari kandungan macha yang bagus itu, mengonsumsi matcha sebagai pengganti minuman- minuman manis lainnya dapat membantu memangkas asupan kalori anda sehari-hari  maka dari itu matcha berguna untuk menurunkan berat badan.

  1. Menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi

Disamping kegunaannya dalam dunia kecantikan, matcha sering digunakan dan sangat berfungsi untuk kesehatan lho! Dalam bentuk minuman seduh untuk relaksai dan meditasi oleh banyak orang. Karena adanya kandungan asam amino L-Theanine yang terdapat pada daun teh yang dipakai untuk membuat matcha yang  mendorong otak untuk menghasilkan gelombang alpha yang memicu relaksasi tanpa kehilangan konsentrasi.

  1. Untuk daya tahan tubuh dan menambah energi

Secara alami, selain kopi, semua jenis teh juga mengandung unsur kafein yang dapat membuat orang terjaga selama beberapa jam saat mereka mengantuk. Kandungan L-Theanin pada matcha dapat menyebabkan orang yang meminumnya tersebut  tidak mengalami efek samping negatif seperti maupun tekanan darah tinggi dan emosi yang tak stabil. Sehingga orang tersebut dapat terjaga dengan tenang.

  1. Dapat mengurangi risiko kanker

Disamping untuk pencegahan penuaan dini, antioksidan yang terkandung dadlam matcha juga dapat mengurangi risiko terkenanya kanker. Namun, hal itu bergantung kepada  kebiasaan pengonsumsinya. Karena dalam manfaatnya ini  ditentukan juga oleh  pola makan yang dijalankan pengonsumsi.

 

Beberapa contoh diatas adalah manfaat dari mengonsumsi matcha. Selain enam manfaat diatas, masih banyak lagi manfaat-manfaat dalam menonsumsi matcha seperti dapat menurunkan tingkat obesitas, memperlancar pencernaan, mengobati perut buncit, dan lain-lain. Oleh karena itu, konsumsilah matcha karena matcha dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka:

Matcha vs Teh Hijau, Apa Bedanya? Mana Lebih Sehat?

11 Manfaat Matcha Green Tea

Tiara Triza Alissa