Pentingnya Menjaga Lingkungan untuk Kebaikan Alam Sekitar

Lingkungan merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup yang terdapat di muka bumi termasuk manusia, hewan dan tumbuhan. Lingkungan sangat penting bagi keberlangsungan makhluk hidup, jika lingkungan tidak ada maka manusia, hewan dan tumbuhan tidak dapat bertahan hidup. Namun, seiring berkembangnya zaman dari tahun ke tahun lingkungan mengalami kerusakan akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Banyak manusia yang sengaja menebang pohon untuk keperluannya pribadi tanpa mementingkan orang lain sehingga dapat menyebabkan hutan gundul menjadi gersang dan bisa saja terjadi kebakaran hutan, selain itu banyak manusia yang membuang sampah sembarangan di sungai hal tersebut dapat menyebabkan banjir dan pastinya akan merugikan masyarakat.

Maka dari itu pentingnya menjaga kelestarian lingkungan di sekitar kita wajib dilakukan dan ditanamkan sejak dini. Mulai dari limbah industri dan perdagangan, penebangan hutan liar, polusi dari daerah perkotaan dan masih banyak lagi. Untuk menyelesaikannya permasalahan tersebut masyarakat perlu berkontribusi bersama pemerintah untuk mencoba menjaga lingkungan mulai dari yang mudah terlebih dahulu. Sebagai manusia yang hidup di muka bumi, pentingnya menjaga lingkungan dapat di mulai dengan  melakukan hal – hal kecil yang dapat membantu lingkungan sekitar agar tetap lestari dan bencana alam tidak terulang secara terus menerus, banyak sekali hal hal yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan sekitar, yaitu dengan :

  • Menyediakan sarana prasarana di tempat umum seperti menyediakan tempat pembuangan sampah, agar semua orang dapat membuang sampah pada tempatnya.
  • Selalu bekerja sama dalam bergotong royong di sekitar lingkungan rumah, bisa dilakukan bersama keluarga atau bersama tetangga, agar rumah masing-masing menjadi bersih dan nyaman.
  • Mengadakan program penghijauan agar dapat memperbanyak oksigen dan dapat menyerap gas karbon dioksida yang tidak baik bagi kehidupan.
  • Tidak menebang pohon di hutan secara illegal, karena hal itu membuat dampak negative bagi lingkungan. Misalnya terjadi longsor, kebakaran hutan atau banjir.
  • Melakukan Reduce, Reuce, Recycle yang berarti memanfaatkan kembali sampah yang masih dapat dipakai dengan cara di daur ulang.

Dengan melakukan hal yang sudah disebutkan diatas sama saja kita membantu bumi untuk menjadi lebih baik, karena saat ini lapisan ozon semakin lama semakin menipis, dengan menipisnya lapisan ozon tersebut berakibat suhu bumi mengalami pemanasan global yang memicu mencairnya es di kutub, tidak menentunya cuaca iklim, meningkatnya permukaan air laut, serta meningkatnya bencana alam dan pastinya akan berdampak buruk bagi manusia baik dari segi lingkungan maupun kesehatan.

Dari segi manfaat yang didapatkan ketika kita mengikuti hal yang dilakukan untuk menjaga lingkungan alam sekitar yaitu :

  • Lingkungan menjadi lebih asri
  • Tenang dalam menjalankan rutinitas sehari-hari
  • Bebas dari polusi udara baik dari kendaraan, pabrik dan lainnya
  • Terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat
  • Menghindari pemanasan global

Pengelolaan pada suatu lingkungan hidup menjadi hal yang sangat penting demi mencegah terjadinya perusakan dan pencemaran lingkungan. Lingkungan akan menjadi lebih baik jika semua orang sadar dan selalu bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan. Mengingat kesadaran masayarakat saat ini masih terbilang sulit untuk mengikuti aturan maka dari itu sebaiknya pemerintah harus lebih tegas akan sanksi apa yang diberikan kepada masyarakat yang melanggar aturan yang sudah diberikan. Sehingga masyarakat akan termotivasi, untuk selalu menjaga kebersihan khususnya di lingkungan alam sekitar.

 

Zahra Aulia Salsabila