5 Rekomendasi Latihan Fisik Sebelum Naik Gunung

Sebelum naik ke gunung, pastikan kalau fisikmu dalam kondisi prima dan siap untuk mendaki. Mendaki tidak bisa dianggap sebagai jalan-jalan saja. Karena, kamu membutuhkan kesiapan fisik dan mental supaya bisa mencapai summit atau puncak. Selain itu, persiapan ini juga dilakukan agar tidak terlalu membebani atau memperlambat gerak teman-temanmu. Meskipun tetap saja, kita harus membantu teman yang kesulitan dan membantu sebisa kita bagaimanapun keadaannya. Selain membawa berat badan sendiri, kita juga akan membawa tas. Jadi karena itulah, sangat penting bagi kita untuk melakukan latihan fisik sebelum melakukan pendakian. Tapi sebelum itu, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum setiap sesi latihan fisik yang akan dilakukan. Langsung saja kita masuk ke 5 rekomendasi gerakan untuk latihan fisik.

  • Jogging

Jogging adalah latihan yang wajib dilakukan karena ia sangat penting dalam persiapan pendakian. Mengapa? Karena, jogging adalah salah satu bentuk latihan cardio. Seperti Namanya, cardio melatih detak jantung kita. Latihan-latihan cardio itu diperlukan untuk melatih stamina kita supaya tidak mudah letih dan kehabisan nafas saat melakukan kegiatan yang berat. Karena itu, jogging ini penting untuk menyiapkan tubuh kita. Jogging bisa dibilang lumayan simpel dan berbeda dari jenis latihan lain dalam daftar ini. Lakukanlah sepanjang 2 kilometer untuk minggu pertama dan tingkatkan di minggu-minggu berikutnya.

  • Squat/Lunges

Squat dan lunges berguna untuk melatih otot kaki. Otot kaki harus kuat saat melakukan pendakian karena ia harus membawa beban dari seluruh tubuh dan kegunaan lainnya yaitu berjalan. Lebih tepatnya, squat dan lunges melatih paha depan, belakang, pantat, dan betis. Otot-otot ini harus dilatih supaya siap ketika melawan medan yang menanjak, tidak rata, dan membutuhkan kekuatan lebih.

  • Mengangkat Bahu

Jika punya, pegang dua dumbbell di masing-masing tangan. Jika tidak, pegang dua buah botol berisi air 1 liter. Berdirilah dengan tegak dan kaki dibuka selebar bahu. Lalu angkat bahu tanpa menggerakan lengan sama sekali. Latihan ini berguna untuk melatih otot bahu dan bagian punggung atas. Tujuannya adalah agar kita bisa membawa tas ransel dengan lebih nyaman yang dimana akan meringankan kita saat melakukan pendakian. Kita tidak boleh meremehkan tas, karena berdasarkan beberapa sumber, berat tas ransel yang kita bawa bisa mencapai 10-20kg.

  • Burpees

Setelah otot kaki, punggung, dan lengan sudah siap, sekarang kita akan melatih kemampuan tubuh untuk membawa bebannya sendiri. End result dari burpees adalah kemampuan tubuh untuk bergerak lebih lincah. Seperti yang saya katakan di awal, ada dua beban yang akan kita bawa saat perjalanan, yaitu beban tas dan beban badan sendiri. Burpees ini ibaratnya akan membiasakan badan untuk bergerak dengan lincah.

  • Plank

Sementara, plank berguna untuk melatih ketahanan tubuh. Dengan plank kita bisa melatih otot perut, lengan, dan punggung. Plank banyak digunakan sebagai metode latihan oleh para pendaki karena gerakannya yang simpel dan bisa menjadi uji ketahanan dan kekuatan badan. Gerakan ini bisa dilakukan selama 30 detik dan ditingkatkan di minggu-minggu berikutnya.

Kelima gerakan tersebut adalah gerakan yang saya rekomendasikan berada dalam jadwal latihan fisik kita. Di sisi lain, masih ada banyak gerakan yang bisa juga kita praktikkan. Dalam menyusun jadwal latihan fisik, pastikan untuk melatih otot-otot tubuh yang diperlukan dan jangan lupa bahwa menjadi konsisten adalah kuncinya. Selain itu, bisa dicoba untuk meningkatkan intensitas lain per minggu. Tips lain yang bisa saya berikan adalah bahwa latihan ini harus dilakukan dengan benar (tidak terburu-buru, tidak terlalu cepat hingga efeknya tidak terasa).

Sekian dari saya tentang 5 rekomendasi gerakan latihan fisik. Selain melatih fisik, ingatlah untuk tidak begadang alias tidurlah yang cukup beberapa hari mendekati pendakian. Makanlah makanan sehat dan bergizi supaya tubuh bisa bugar, siap, dan pikiran pun lebih jernih dalam mengambil keputusan. Terakhir, selain fisik, pastikan juga kalau kamu sudah siap dari segi perlengkapan, logistik, makanan, dll. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga pengetahuan yang saya berikan ini bisa bermanfaat bagi aktivitas outdoor kalian.

Sally Amelia