Latihan Gabungan Navigasi Darat Mapala JABODETABEKA

Bogor, 30 Oktober 2020 – 1 November 2020 – SWANARAPALA(Mahasiswa Bina Nusantara Pencinta Alam) bekerjasama dengan seluruh mapala se-JABODETABEKA berhasil mengadakan latihan gabungan Gunung Hutan bersama yang mengambil tema “Kembali Bernavigasi”. Mengambil tempat di daerah Gunung Paseban, kegiatan ini dilakukan demi meningkatkan pemahaman pokok yang wajib dimiliki oleh setiap organisasi mapala. Selain itu untuk menjalin silahturami dan penyamaan materi Gunung Hutan, maka diadakanlah latihan Gabungan kali ini.

Latgab Gunung Hutan kali ini dimulai dengan sesi materi mengenai alam seperti kerusakan alam hingga populasi tanaman di hutan Indonesia. Setelah itu kegiatan latgab kali ini dilanjutkan dengan pelatihan mengenai navigasi darat pada hari kedua. Dimana peserta latgab dibagi menjadi beberapa kelompok dan diminta menuju koordinat yang sudah ditentukan. Setelah tiba di koordinat yang diminta, setiap kelompok melakukan navdar untuk menentukan titik awal kita berangkat. Lalu setelah selesai melakukan latihan navdar, pada malam ahri seluruh peserta latgab berkumpul dan melakukan sharing bersama selama latihan navdar demi memberikan masukkan untuk satu sama lainnya mengenai topik yang sudah diberikan. Dan terakhir pada hari ketiga seluruh peserta melakukan foto bersama dan kembali ke rumahnya masing-masing.

Terakhir kami SWANARAPALA juga ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh mapala se-JABODETABEKA yang telah menyempatkan waktu dan tenaga nya untuk mengikuti kegiatan latgab ini. Dan juga terima kasih kepada seluruh pantiia yang telah merencanakan acara ini, sehingga dapat berjalan dengan lancar hingga akhir. Kami yakin latihan seperti ini dapat berguna bagi seluruh organisasi mapala yang mengikutinya dan besar harapan kami latgab seperti ini dapat dilakukan kembali demi meningkatkan skill setiap anggota mapala di JABODETABEKA.