Mengenal Teater Komedi

Ada berbagai macam jenis genre dalam teater, seperti Drama, Tragedi, Komedi, Satir, dan lain sebagainya. Kali ini, Minis bakal ngebahas tentang teater Komedi nih, Yuk Kita Bahas!

Teater Komedi adalah suatu teater yang bersifat lucu, menghibur, dan memancing gelak tawa. Komedi berasal dari kata comoedia dalam bahasa lain yang berarti sebuah lakon yang berakhir dengan kebahagiaan. Lakon komedi ini pada awalnya merupakan bagian dari upacara penghormatan kepada Dewa Pallus bersamaan dengan lakon tragedi.

Lebih lanjut, pada dasarnya, cerita komedi adalah cerita yang menungkapkan cacat dan kelemahan sifat manusia dengan cara yang lucu, sehingga para penonton bisa lebih menghayati kenyataan hidupnya. Jadi, komedi bukan hanya sekedar lawakan kosong, namun harus mampu membukakan mata penonton terhadap kenyataan kehidupan sehari-hari yang lebih dalam (Rendra, 1993:93).

Dengan begitu, Komedi adalah sebuah drama yang penuh dengan kelucuan yang menjadikan gelak tawa penonton. Namun, drama komedi tetap menuntut nilai-nilai yang terkandung dalam drama. Kelucuan dan gelak tawa yang ada dalam drama komedi seringkali mengandung sindiran dan masukan kepada suatu golongan tertentu, dan oleh sebab itulah, sering ditemukan drama komedi yang berlandaskan atau terinspirasi dari kisah nyata atau kejadian-kejadian yang ada dan nyata didalam masyarakat.

Ada berbagai macam bentuk lakon komedi yang dapat dibagi berdasarkan cara penyampaiannya, diantaranya adalah:

  • Black Comedy (Komedi Gelap), adalah komedi yang menggunakan unsur-unsur yang meresahkan dan mengganggu. Misalnya adalah komedi tentang kecacatan, kematian, terror, pemerkosaan, pembunuhan, atau perang.
  • Surreal Comedy (Komedi Surealis), adalah komedi yang berdasarkan pada hal-hal ganjil yang diluar logika dan absrud)
  • Topical Comedy (Komedi Topik), adalah komedi yang berdasarkan pada berita utama dan baru, bisa berdasarkan skandal-skandal yang sedang hangat diperbincangkan.
  • Physical Comedy (Komedi Fisik), adalah komedi yang menggunakan gerak anggota tubuh atau gestur, seringkali tanpa dengan dialog.
  • Improvisational Comedy (Komedi Improvisasi), adalah komedi yang terjadi secara begitu saja ketika pementasan dan tidak terencana.

Dan masih banyak lagi.

Gimana Manis? Tertarik dengan Teater Komedi? 😀

Referensi:
https://walpaperhd99.blogspot.com/2019/06/macam-genre-cerita-drama-teater-tipe-lakon.html
https://kumpulanmateripelajaranpoputer1034.blogspot.com/2018/07/pengertian-jenis-istilah-drama.html
https://tirto.id/jenis-jenis-teater-berdasarkan-cara-pengisahan-dan-aliran-seninya-gnUU
https://comedywalls.blogspot.com/2019/11/comedy-musical-theatre-songs-male.html

Willi Kurniawan