Rangkaian Skincare yang Harus Kamu Tahu Supaya Kulit Wajah Tetap Glowing Walaupun Sering Pakai Make Up Tebal Saat Pentas Teater

Hai Manis!
Tau gak sih berapa lapis make up yang digunakan seorang aktor dalam pementasan teater? Dalam pementasan teater, biasanya seorang aktor akan menggunakan make up sebanyak 3-5 lapis foundation loh. Tujuannya supaya ekspresi dan wajah aktor bisa tetap dilihat oleh penonton meskipun dari jarak yang jauh. Tapi, kebayang gak sih gimana kondisi kulit wajah si aktor yang menggunakan make up berlapis-lapis sepanjang hari?

Untuk itu, kali ini STMANIS akan berbagi tips rangkaian skincare yang harus kamu ketahui supaya kulit wajah tetap glowing dan sehat walaupun sering pakai make up yang tebal.

1. Double cleansing
Setiap aktor dalam pementasan teater harus menggunakan make up yang super tebal supaya ekspresi mereka tetap bisa dilihat meski dari kejauhan. Maka, setelah pementasan berakhir kamu wajib membersihkan wajahmu dengan double cleansing. Sesuai namanya “double”, maka pada step ini kamu wajib membersihkan wajah melalui 2 tahap. Langkah pertama, kamu harus membersihkan wajah dari make up dengan first cleanser seperti micellar water, oil cleanser atau cleansing balm. Pastikan wajahmu sudah benar-benar bersih dari sisa-sisa produk make up dan kotoran.


Sumber: Femaledaily.com

Meskipun sudah membersihkan wajah dengan first cleanser tidak menutup kemungkinan masih ada sisa make up, kotoran dan residu dari produk pembersih sebelumnya. Maka itu kamu tetap wajib membersihkan wajah dengan second cleanser atau face wash. Selain itu, face wash berperan untuk membersihkan wajah secara tuntas agar tidak ada kotoran yang menyumbat pori-pori kulit wajah.

Sumber: Id.priceprice.com

2. Exfoliating
Selanjutnya adalah step eksfoliasi. Eksfoliasi ini dilakukan secara berkala biasanya satu atau dua kali seminggu sesuai dengan seberapa kotor kulit kamu saat itu. Step ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati (regenerasi sel) dan menghalangi pembukaan pori-pori, mengurangi kusam, penumpukan kotoran dan minyak. Ada beberapa cara untuk melakukan eksfoliasi, yaitu dengan scrub, masker, toner eksfoliasi. Setelah menggunakan make up teater yang cukup tebal, jangan lupa mengeksfoliasi kulit kamu, ya!


Sumber: Byrdie.com

3. Toner
Toner memiliki berbagai fungsi, dimulai dari mengangkut sisa kotoran dari kulit wajah, melembabkan kulit, mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan minyak di kulit dan menyeimbangkan pH di kulit. Untuk menggunakan toner, kamu harus menggunakan kapas untuk pengaplikasiannya. Dan jangan lupa ya, pemilihan toner juga harus disesuaikan dengan aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari.

Sumber: Femaledaily.com

4. Sheet mask


Sumber: Femaledaily.com

Pada malam hari, kamu bisa menggunakan sheet mask dalam rangkaian skincare mu. Sheet mask terdiri dari berbagai varian dan manfaat yang berbeda-beda. Nah, setelah lelah habis pentas dan menggunakan make up tebal, besar kemungkinan akan membuat kulitmu terasa berat dan sesak terutama untuk jenis kulit yang sensitif. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan sheet mask yang memiliki fungsi soothing/calming untuk menenangkan kulitmu setelah menggunakan make up tebal seharian. Biasanya sheet mask untuk soothing/calming memiliki kandungan aloe vera atau calendula.

5. Moisturizer
Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan penggunaan sheet mask adalah moisturizer. Step ini sangat penting loh, karena fungsi moisturizer berguna untuk mencegah dehidrasi pada kulit wajah dan mengunci skincare sebelumnya agar bekerja secara maksimal. Penggunaan moisturizer juga berguna untuk mempersiapkan kulit sebelum menggunakan make up agar produk yang digunakan di atas kulit bisa menempel secara maksimal dan membuat make up lebih tahan lama. Jadi make up kamu tidak akan cepat luntur ketika kamu sedang tampil di atas panggung. Selain itu, kulit kamu akan tetap sehat dan glowing walaupun sering menggunakan make up yang tebal.

Sumber: Femaledaily.com

6. Lip balm
Nah, untuk step terakhir adalah penggunaan lip balm. Ini digunakan untuk menjaga kelembapan bibir kamu agar tidak pecah-pecah. Kamu juga bisa menggunakan tinted lip balm agar bibir kamu berwarna cerah alami dan juga lembap. Lip balm ini bisa kamu pakai kapanpun saat kamu merasa bibir kamu kering atau pecah-pecah. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa menggunakan lip balm sebelum tidur agar nutrisi yang ada menyerap dan fresh di pagi hari.

Sumber: Femaledaily.com

Setelah pementasan berakhir, kamu jadi gak perlu khawatir lagi dengan break out atau kulit rusak. Dengan menjalankan rangkaian skincare di atas, kamu tetap memiliki wajah glowing meskipun telah menggunakan make up tebal seharian. Yuk Manis, rawat kulit wajah dari sekarang!

source: Birchbox.com
https://www.birchbox.com/magazine/article/skincare-routine-step-by-step
Femaledaily.com
https://editorial.femaledaily.com/blog/2020/06/06/tahapan-skincare-untuk-remaja-dan-produk-rekomendasinya/

Vania, dan Gaby