Tips&Tricks: Menghadapi Hari Pementasan

Setiap menghadapai yang namanya pementasan, pasti selalu ada yg namanya persiapan. Namun ada pula beberapa hal yabg harus diperhatikan. Berikut ini adalah tips dan trick saat ingin menghadapi hari pementasan agar pementasan berjalan sesuai yang diharapkan.

Ilustrasi Pementasan (Courtesy Teater Sunda Kiwari)
  1. Sering Berlatih agar hasil Maksimal

Tentunya ini menjadi point penting dimana kita selaku aktor harus berlatih agar kematangan dalam menjiwai karakter semakin baik. Selain itu dengan terus berlatih dapat mengatasi demam panggung dan juga membuat hafal blocking panggung.

  1. Menjaga Stamina Tubuh

Ini juga perlu diperhatikan agar performa kita saat penampilan dapat maksimal, jagalah stamina tubuh dengan cara mengonsumsi vitamin dan istirahat yang cukup.

  1. Hindari dulu makanan yang bersifat minyak dan santan

Kedua kandungan makan tersebut rentan membuat panas dalam. Sehingga bisa membuat suara serak atau bahkan hilang. Jadi untuk sementara jangan memakan makanan yang mengandung salah satu atau kedua dari bahan makanan tersebut.

  1. Jagalah Kesehatan

Paling penting. Kondisi tubuh yang sehat adalah kunci utama agar penampilan maksimal. Hindari segala hal yang rentan membuat sakit. Karena kalau kita tumbang sebelum pementasan akan menghambat jalannya pementasan.

  1. Tetap tenang dan rileks

Bersikap tenang dan tetap santai agar tidak stress. Justru semakin dipikirkan malah akan membuat hafalan kita menjadi buyar. Anggaplah bahwa apa yang kita perankan adalah diri kita sendiri sehingga kita tidak perlu merasa tegang.

Itulah beberapa tips supaya kita semakin siap menghadapi hari pementasan. Semoga bermanfaat

Adrian Isfansyah Nurdin