Movie Review: Hairspray (2007)

Hi Manis, balik lagi kita ke movie review!! Kali ini Minis akan membahas mengenai adaptasi film musical Hairspray. 

Hairspray merupakan film musikal yang menceritakan sebuah kota bernama Baltimore pada tahun 1960-an. Berawal dari seorang gadis “chubby” yang gemar menari dan bermimpi menjadi anggota acara tv menari sebagai penari tetapnya. Perlu diketahui bahwa pada tahun 1960 terdapat perbedaan yang sangat drastis antara ras Afrika-Amerika yang memiliki kulit gelap dan Caucasians yang memiliki kulit terang. Hal tersebut menjadi salah satu plot dalam film, dimana ras Afrika-Amerika diperlakukan beda dalam acara tv menari tersebut. Film diadaptasikan dari musical Broadway dengan nama yang sama pada tahun 2002, dibintangi artis-artis papan atas seperti John Travolta, Michelle Pfeiffer, Zac Efron, dan lain-lainnya. 

Plot yang Menyenangkan namun Bermakna

Film musical adaptasi ini memiliki alur cerita yang sangat sederhana dan dapat dikatakan ringan hati, dengan seorang gadis “chubby” yang ingin dan akhirnya memasuki acara tv tersebut sampai menghilangnya perilakuan acara tv tersebut terhadap penari ras Afrika-Amerikanya. Sepanjang film tersebut terdapat beberapa topik yang secara singkat ditunjukkan yaitu body shaming, kepercayaan diri seorang remaja, dan perbedaan ras, dibungkus dalam 1 alur cerita dan ditemani dengan lagu-lagu yang dapat membuat orang berdiri dan menari.

Soundtrack Kaya Budaya

Lagu-lagu dalam film tersebut memiliki gaya genre yang berbeda-beda dari budaya-budaya yang berbeda juga. Seperti dalam film karakter-karakter yang merupakan ras Afrika-Amerika menyanyikan lagu seperti “Run and Tell That” dan “Big, Blonde and Beautiful” yang memiliki genre yang lebih R&B dimana genre tersebut berasal dari komunitas ras Afrika-Amerika pada tahun 1940-an. Dibanding dengan karakter-karakter ras Caucasians yang menyanyikan lagu-lagu yang bergenre lebih kearah pop dan pop-rock.

Gimana? Jadi penasaran bukan dengan film dan soundtracknya, ditunggu apalagi?

 

Referensi:

Vh1: http://www.vh1.com/news/292051/10-little-known-facts-about-hairspray/

Mentalfloss: https://www.mentalfloss.com/article/82146/14-fun-facts-about-hairspray

Wikipedia: Hairspray (2007) : https://en.wikipedia.org/wiki/Hairspray_(2007_film)

Wikipedia: Run and Tell That: https://en.wikipedia.org/wiki/Run_and_Tell_That

Wikipedia: Big, Blonde and Beautiful: https://en.wikipedia.org/wiki/Big,_Blonde_and_Beautiful

Clara Verena