Movie Review: Hamilton 2020

Hai, Manis. 

 

Hamilton adalah film drama musikal fiksi sejarah, yang merupakan rekaman panggung musical Broadwaynya pada tahun 2015. Ditulis dan dibintangi oleh Lin-Manuel Miranda, jenius di balik musical Broadway In The Heights (2008), soundtrack film Moana (2016), dan masih banyak lainnya. 

Film ini berdasarkan hidup salah satu pendiri Amerika Serikat Alexander Hamilton menjadi sekretaris bendahara negara Amerika Serikat hingga kematiannya. Diceritakan dengan soundtrack dan dialogue yang sangat menarik, membuat penonton tidak terasa durasi filmnya yang cukup lama yaitu 160 menit.

Genre Soundtrack yang Unik
Satu hal yang sangat menonjol dan berbeda dari musikal lain adalah genre soundtracknya yang memiliki perpaduan rap. Dipadukan ke dalam penulisan cerita dengan sempurna sehingga tidak terasa aneh melainkan sangat menarik. Soundtrack filmnya merupakan salah satu lagu yang tidak mudah terlupakan terutama lagu pembukanya “Alexander Hamilton” yang sangat seru untuk didengarkan dan cerdas dalam menceritakan bagian dari hidupnya Alexander Hamilton, secara keseluruhan lagu sempurna untuk memulai cerita.

Tema yang Sempurna
Berhubungan dengan genre soundtracknya yaitu rap, yang cenderung dinyanyikan dengan cepat. Ternyata berhubungan dengan tema film yaitu mengenai waktu, dimana Hamilton tidak pernah membuang waktu dan selalu menginginkan lebih waktu. Selain Alexander terdapat tokoh utama lain, Aaron Burr. Dimana tokohnya juga berhubungan dengan waktu dimana melainkan Hamilton yang selalu bergerak dengan cepat dan tidak ingin membuang waktu, Burr lebih berpikir untuk menunggu dan bergerak disaat yang menurutnya tepat. Hal tersebut juga merupakan salah satu kelemahan Burr serta perbedaan antara Burr dan Hamilton.

Konklusi
Terdapat banyak aspek lain yang membuat film ini sangat sempurna seperti detail penulisan, koreografi, dll. Dengan demikian sulit untuk menemukan kekurangan/kesalahan dalam film ini, mungkin hanya satu yaitu kurangnya adegan satu tokoh yaitu King George III. Walaupun dapat dimengerti mengapa seperti itu berdasarkan alur cerita, tetapi sangat menyenangkan melihat adegan-adegannya. Secara keseluruhan 10/10 direkomendasi untuk pecinta musikal, sebagai penutup berikut merupakan salah satu kutipan terkenal dalam film tersebut:

“Dying is easy young man, living is harder”

– George Washington, Hamilton

Clara Verena