TKU 2020: Retro Rewind

Hai Manis!

Tidak terasa sudah memasuki tahun ajaran baru dimana saatnya untuk menyambut para anggota baru STMANIS di acara tahunan Temu Keakraban UKM atau biasa disebut Welcoming Party. Acara tahunan ini telah diselenggarakan pada 12 September lalu. Selain untuk menyambut anggota baru STMANIS, acara ini juga bertujuan untuk mengenalkan dan mendekatkan anggota baru dengan anggota aktif STMANIS. Tema yang diambil untuk acara ini adalah Retro Rewind . Tema ini dipilih untuk mengajak para peserta untuk bernostalgia kembali ke suasana tahun 80-an, dan tema ini memiliki arti keragaman. Acara TKU tahun ini diadakan secara daring melalui platform Zoom meetings. Dresscode pada acara ini sesuai dengan tema yaitu Retro 80’s.

Acara dibuka pada pukul 14.00, diawali oleh sambutan dari kedua MC yang dilanjutkan dengan penayangan video perkenalan panitia untuk mengenalkan para panitia kepada peserta acara. Lalu ada sambutan dari PIC acara dan Ketua STMANIS 2020. Selanjutnya pada sesi acara Ice Breaking, peserta dimana dibagi 9 kelompok yang berisi 8-9 orang untuk masuk ke breakout room. Di sesi Ice Breaking ini, setiap kelompok harus membuat yel-yel yang bertemakan Retro Rewind. Ice Breaking ini bertujuan untuk mencairkan suasana sekaligus mendekatkan anggota baru dengan anggota aktif  STMANIS. Setelah itu, setiap kelompok harus menampilkan hasil yel-yel yang sudah dibuat. Kelompok yang menampilkan yel-yel terbagus dan terheboh menjadi pemenang dan mendapat hadiah menarik.

Selanjutnya, acara diisi dengan presentasi tentang STMANIS oleh Ketua STMANIS 2020, Ester Carolina yang bertujuan untuk mengenalkan STMANIS lebih dalam pada para anggota baru dan juga menunjukkan proker apa saja yang sudah maupun akan dilaksanakan STMANIS. Diikuti dengan presentasi tentang acara internal tahunan STMANIS yang selanjutnya, yaitu HUT STMANIS 2020 dibawakan oleh PIC HUT STMANIS 2020, Rahmi Asyifa Harfi. Presentasi ini bertujuan untuk mengajak peserta acara untuk memeriahkan acara internal STMANIS yang selanjutnya.

Untuk tetap memeriahkan acara, MC mengarahkan peserta untuk bersiap-siap mengikuti sesi games pertama yang diberjudul “Who’s the First?”. Games ini berupa sebuah games tebak-tebakan dimana peserta harus menebak judul pementasan/film atau nama actor. Tebakan berupa clue-clue ditayangkan di layar secara screen share dipandu oleh MC. Peserta hanya boleh menjawab sekali untuk setiap tebakan yang nantinya akan diadukan lagi untuk final round yang akan menentukan pemenang games. Selesai sesi games pertama, acara dilanjutkan dengan presentasi Pentas Junior yang dibawakan oleh PIC Pentas Junior 2021, Stefani Felita Halim. Presentasi ini bertujuan untuk mengenalkan Pentas Junior pada para anggota baru serta untuk mengajak para anggota baru untuk berpartisipasi dalam acara ini.

Lalu acara dilanjutkan dengan sesi Pementasan Mini dibawakan oleh 5 kelompok berisi para anggota baru yang sudah mempersiapkan pementasan ini sebelumnya. Kelompok Pementasan Mini sudah dibuat dan disiapkan seminggu sebelum acara berlangsung, tujuannya agar para anggota baru dapat saling berkenalan dan melatih mereka untuk tampil di sebuah pementasan. Kelima kelompok dinamai dengan nama-nama band yang terkenal pada tahun 80-an yaitu: Metallica, Queen, Rolling Stones, Bon Jovi, dan Guns N’Roses. Tema untuk pementasan ini adalah Keragaman. Setiap kelompok membawakan cerita yang beragam dan menarik. Pementasan Mini dinilai oleh 3 juri yang merupakan anggota aktif STMANIS yaitu, kak Valdi, kak Aura, dan kak Millinov. Lalu MC mengarahkan partisipan untuk sesi games selanjutnya, games Kahoot yang berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai STMANIS dan dari games ini dipilih satu pemenang yang mendapat point tertinggi. Setelah itu ada presentasi KAOS HITAM yang dibawakan oleh Syifa Luthfiyah yang bertujuan untuk mengajak anggota baru dan anggota aktif yang belum menjadi aktivis untuk ikut KAOS HITAM 2021.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan pemenang games 1 dan games 2, juga pemenang Pementasan Mini dan juga ada beberapa awards yang dikategorikan sebagai berikut dan juga pemenangnya:

Best Costume Female : Aiko Thalia

Best Costume Male : Darwis Jayadi

TerMANIS : Emily Florie

Akhirnya sampai juga pada akhir acara. Acara ditutup dengan doa dan juga sesi foto bersama. Untuk para pemenang games dan awards dimasukkan ke dalam breakout room untuk dokumentasi pemenang.

Dengan diadakannya acara ini, STMANIS dapat menyambut serta mendekatkan para anggota baru dengan anggota aktif STMANIS dan juga bisa menghasilkan karya-karya bersama anggota barunya. Tidak lupa agar tetap menjalin hubungan baik antar anggota aktif dan anggota baru STMANIS. Terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh panitia dan seluruh keluarga besar STMANIS untuk kontribusi dan dukungannya karna sudah dapat menjalankan dan melancarkan acara ini. Kekurangan dalam acara ini agar menjadi pembelajaran untuk membuat acara yang lebih baik lagi.

Sampai jumpa di event STMANIS selanjutnya!

STMANIS, MAKIN MANIS!