ARTVICI 2018: Rule the Art!

ARTVICI merupakan kegiatan kolaborasi antara UKM STMANIS dengan UKM BSSC yang bertujuan untuk melaksanakan silaturahmi antara kedua UKM tersebut. ARTVICI merupakan kegiatan pementasan junior yang pementasannya dibuat dan dimainkan oleh anggota baru STMANIS. Pementasan Junior ini kerap dilakukan agar anggota baru STMANIS dapat mengenali dunia teater dan bagaimana cara menggarap sebuah pementasan. Tak hanya itu, pementasan junior ini juga dapat menjadi wadah untuk para anggota baru menuangkan karya-karya mereka.

ARTVICI kali ini membawakan pementasan berjudul TOPENG. Naskah ini bergenre surealis dan dimainkan secara semi-musikal. TOPENG ditulis oleh Exel tantowi selaku anggota aktif STMANIS yang sekaligus menjadi sutradara pementasan ini.

TOPENG menceritakan tentang kota VICI yang dahulu diporak poranda oleh makhluk setengah serigala atau dikenal sebagai warewolf. Namun setelah 15 tahun, kota vici akhirnya dapa merasakan kedamaian. Seluruh warga kota vici melakukan perayaan untuk mengenang kedamaian yang kerap ada untuk kota vici. Namun pada suatu hari terjadi pembunuhan di kota vici. Elise, istri dari walikota kota vici yaitu Jeff, telah terbunuh dan diduga pelakunya merupakan warewolf yang selama ini telah menghilang. Kepolisian kota vici akhirnya mengutus Dane, dan rose beserta pasukan investigasi mereka untuk menangani kasus ini. Tak hanya itu, walikota Jeff juga mengutus kenalannya yaitu Hudi, seorang pesulap handal di kota vici yang dipercaya dapat membantu investigasi ini.

TOPENG diselenggarakan di Auditorium anggrek BINUS University. TOPENG berhasil dipentaskan pada 1 November 2018 pada satu hari pementasan. Keberhasilan itu tidak luput dari usaha dan kerja keras seluruh panitia dan pemain yang terlibat dalam pementasan ini. Sebagai pimpinan pementasan junior ini, saya mengatakan terimakasih sedalam-dalamnya atas kerja keras, dan usaha setiap panitia yang terlibat, kepada kakak-kakak senior dan alumni STMANIS yang kerap membantu dan datang pada saat proses latihan dengan memberikan saran dan membagikan pengalaman dalam pementasan sehingga para pemain dapat menerapkannya. Dan tentunya terimakasih kepada seluruh BINUS University, pihak-pihak sponsor dan media partner, dan lembaga-lembaga lainnya yang telah berkontribusi pada keberhasilan pementasan ini.

Sebagai akhir kata, saya selaku PIC ARTVICI 2018 “TOPENG” mengucapkan selamat dan terimakasih kepada kalian semua. Seperti yang saya bilang, usaha tidak akan membohongi hasil. Kalian telah membantu mengharumkan nama STMANIS, dan tentunya saya sebagai senior kalian merasa bangga dengan hasil karya kalian. Jangan berhenti disitu, jangan cepat puas, kalian masih bisa menggali potensial kalian. Teruslah berkarya.

STMANIS! MAKIN MANIS!

Valdiazmi Vikri