Benchmarking NUNI 2018

BENCHMARKING NUNI 2018
STMANIS X TEATER TOPENG
Universitas Kristen Maranatha Bandung

Jumat, 7 September 2018 STMANIS melaksanakan benchmarking ke salah satu komunitas teater di universitas yang tergabung dalam NUNI (Nationalwide University Network Indonesia), yaitu Teater Topeng Universitas Kristen Maranatha Bandung. Benchmarking adalah program kerja baru STMANIS 2018. Apa itu benchmarking? Benchmarking adalah kegiatan membandingkan dan mengembangkan kinerja dengan melihat proses satu sama lain. Benchmarking juga bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan komunitas teater lain yang ada di Indonesia.

• Manfaat-manfaat yang bisa kita ambil melalui kegiatan ini adalah
1. Evaluasi diri
2. Menambah pengetahuan
3. Penilaian lebih realistis
4. Meningkatkan motivasi

Sebelum melakukan benchmarking, sudah pasti kita harus berkomunikasi dengan pihak Teater Topeng. Sekitar dua bulan sebelum acara ini dilaksanakan, pihak STMANIS dan Teater Topeng merangkai acara yang bisa mengakrabkan satu sama lain. Pada saat realisasi acara, kami bersyukur karena acara ini sangat menambah keakraban STMANIS dan Teater Topeng. Pada saat anggota STMANIS tiba di Universitas Kristen Maranatha, kami langsung diajak ke gedung teater (gedung GAP lantai 8) yang biasa dipakai Teater Topeng untuk pentas. Di sana kami memulai dengan perkenalan yang dilanjutkan makan siang bersama, pemanasan serta latihan bersama, dan puncak acaranya yaitu pementasan mini yang terdiri dari anggota STMANIS dan Teater Topeng. Yang membuat seru adalah kami membuat naskah secara mendadak. Setiap kelompok tampil bergantian dan kelompok yang tidak tampil menjadi penonton. Setelah melakukan pementasan mini, kami sharing hal-hal yang bisa kami pelajari serta kesan dan pesan. Pada saat sharing banyak sekali hal-hal yang bisa kami pelajari dari Teater Topeng, mengenai pembuatan naskah dan keaktoran, serta kami juga mendiskusikan tentang masalah masing-masing komunitas dan solusi untuk menanganinya.

Terima kasih Teater Topeng yang telah bersedia kami kunjungi dan untuk semua ilmu berharganya. Semoga kelak kita bisa berjumpa di lain kesempatan dan di lain panggung 🙂