Teknik Dasar dalam Menari Daerah

Setiap daerah memiliki teknik gerak dasar masing masing dalam menari. Gerakan ini selalu dipakai oleh berbagai jenis tari tradisional di Indonesia. Sehingga diperlukan memahami dasar teknik dalam menari. 

Dikutip dari buku Seni Budaya yang ditulis oleh Sem Cornelyoes, suatu gerakan yang dilakukan sesuai dengan irama dan dilakukan di suatu tempat serta waktu tertentu adalah seni tari. Seni tari memiliki tujuan untuk berekspresi terhadap perasaan dan menyampaikan pesan dari seseorang maupun kelompok. 

Tolak ukur nilai keindahan menjadi teknik gerak dasar tari. Teknik gerak dasar daerah terdiri dari gerak kepala, gerak badan, gerak badan, dan gerak kaki. Dari teknik kita dapat mengembangkan juga menerapkannya menjadi sebuah kesatuan keindahan dari yang utuh. 

Teknik dasar dalam menari daerah, yaitu:

  • Teknik Gerak Kepala

Dikutip dari buku Dasar Tari untuk Sekolah Menengah Kejuruan yang ditulis oleh Gusyanti, salah satu teknik dalam menari adalah gerakan kepala. Ada beberapa gerakan yang dilakukan dalam gerak tari: Tolehan ke kiri, Tolehan ke kanan, Coklekan kiri, Coklekan kanan, Pacak gulu, Noleh kiri, dan Lenggut.

  • Teknik Gerak Tangan 

Gerak tangan juga salah satu gerak dasar tari dan tentunya memiliki beberapa teknik saat melakukannya. Ada gerakan tangan yang dilakukan dalam gerak tari: Ngithing, Ngrayung, Nyempurit, Ngepel, Mbaya mangap, Mingkis kiri, Udhar asta, Seleh asta, dan Seblak sampur.

  • Teknik Gerak Badan 

Tentunya dalam menari inti utamanya adalah di badan. Sehingga keseluruhan bagian dasar gerak tari adalah gerak badan. Ada beberapa gerakan badan yang dilakukan dalam gerakan tari: Ndegeg, Mendhak, Mayu, Leyek kanan, Leyek kiri, dan Ogek lambung.

  • Teknik Gerak Kaki

Gerak kaki juga merupakan bagian dari keseluruhan gerak dalam teknik dasar tari dalam melakukannya. Ada gerakan kaki yang dapat dilakukan dalam gerak tari: Tanjak mayung, Tanjak gantung, Mager timun, Impur, Jengkeng, Debeg, Gejug, Sered dan Gengser-kengser.

 

Nah, itulah beberapa teknik dasar dalam menari daerah. Jangan lupa cek Instagram kami ya, di @stamanara untuk informasi-informasi menarik lainnya! Semoga bermanfaat.

 

STAMANARA? AHEEE~