Banyuwangi punya Tari Gandrung

 

 

Hello Dancers! kali ini STAMANARA mau kenalin ke kalian tentang salah satu tari tradisional yang bisa dibilang jarang orang tau dari Banyuwangi apalagi kalo bukan Tari Gandrung. Bisa dibilang mereka belum dapet spotlight yang seharusnya mereka dapatkan, jadi disini aku mau ngasih tau kalian lebih jauh tentang Tari Gandrung dari Banyuwangi, supaya kalian bisa tau lebih dalam tentang tarian yang berasal dari Jawa Timur ini.

 

Salah satu kesenian yang menjadi ikon Kabupaten Banyuwangi adalah Tari Gandrung. Tarian yang masih satu genre dengan Jaipong (Jawa Barat) dan Ronggeng (Jawa Tengah) ini menjadi hiburan rakyat di acara-acara hajatan. Tari Gandrung biasanya ditampilkan dalam menyambut musim panen, resepsi pernikahan, khitanan, dan upacara-upacara lainnya. Tarian ini ditampilkan sebagai penghormatan kepada para penonton dan tamu undangan.Tujuan awal dari kesenian ini adalah untuk menyatukan masyarakat Blambangan yang terpencar-pencar. Para pria yang berkostum seperti wanita pada awalnya menarikan Gandrung. Kini para wanita yang menarikan Tari Gandrung sebagai akibat dari perubahan sejarah dan budaya.

 

Kesenian Gandrung Banyuwangi yang dipromosikan melalui media elektronik dan cetak masih tetap kokoh dalam menghadapi gempuran globalisasi. Setiap siswa, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, kini diwajibkan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk mengikuti ekstrakurikuler kesenian Banyuwangi. Salah satu syaratnya adalah harus menguasai tari Jejer, sebuah variasi dari tari gandrung Banyuwangi.

https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/tari-gandrung-suguhan-perhelatan-khas-banyuwangi/

https://id.wikipedia.org/wiki/Gandrung_Banyuwangi

 

 

 

 

 

Ludwina Geraldine