Seni Tari sebagai Media Ekspresi Diri

Kalian sudah tahu belum, kalau seni tari mempunyai peran dan fungsi yang beragam? Salah satunya adalah media komunikasi.Tari adalah bentuk seni dimana alunan gerakan manusia menjadi media untuk memahami, merasakan, dan mengkomunikasikan suatu ide, pikiran, peristiwa yang dialami, dan juga emosi dari suatu perasaan. Media komunikasi yang dimaksud adalah bagaimana cara kita dapat menyalurkan ekspresi berupa emosi, pikiran dan perasaan batin melalui gerakan tubuh yang indah.

Di dalam seni tari, ada berbagai aspek penting yaitu ritmik, bentuk, emosi, tubuh dan gerakan. Jika emosi dan tubuh menjadi satu dan dituangkan kedalam gerakan sebuah tarian, itu akan menjadi sebuah kesan yang sangat mendalam. Penonton akan merasakan perasaan yang disalurkan penari melalui gerakan tarian tersebut. Sedih, marah, bahagia, jatuh cinta atau putus asa, perasaan tersebut dapat tersalurkan melalui penari. Semua itu juga berhubungan dengan power yang dicurahkan oleh penari.

Tarian yang memukau dan menyentuh perasaan bukan berarti penari harus melakukan semua gerakan dengan power yang terlalu over, melainkan harus disesuaikan dengan alunan emosi yang tersirat dan mempunyai tujuan atau makna yang mendalam. Nah, jadi sebenarnya menari itu bukan hanya sekedar menggerakan tubuh mengikuti aluran irama, tetapi juga harus menyalurkan emosi, perasaan, dan isi cerita yang ingin disampaikan kepada penonton. Jadi, ketika kamu merasa sedih, senang, ataupun kecewa, kalian bisa luapkan emosi tersebut menjadi suatu gerakan tarian yang indah dan bermakna. 

” Dance is the hidden language of the soul” – Rumi

” Dance, when you’re broken open. Dance, if you’ve torn the bandage off. Dance in the middle of the fighting. Dance in your blood. Dance when you’re perfectly free.” – Friedrich Nietzsche

Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai tari dalam lingkup BINUS University, jangan lupa cek Instagram kami di @stamanara !

— Dahnisya Kumala Sari & Janessa Gabriela

SUMBER : 

https://senibudayacenter.blogspot.com/2016/02/seni-tari-sebagai-media-ekspresi.html 

https://temanfillah.blogspot.com/2019/05/pengertian-seni-tari-aspek-aspek-tari.html 

https://educationaltoolsportal.eu/en/tools-for-learning/dance-tool-creativity-young-people#:~:text=Dance%20is%20a%20natural%20form,so%20therefore%20does%20the%20spirit.&text=Dance%20is%20the%20art%20form,ideas%2C%20feelings%2C%20and%20experiences.