Tarian 1000 Tangan

Halo sobat dancer! Kali ini kita akan memperkenalkan sebuah Tarian loh! Penasaran? Dari judulnya aja udah pada tau dong yaa? YESS! Tarian 1000 tangan. Nama lain dari tarian ini adalah Qian Shou Guan Yi. Untuk penjabaran arti nya yaitu Qian artinya seribu, Shuo artinya tangan , dan Guan Yi merupakan nama Dewi belas kasih dalam ajaran agama Buddha.  Tarian 1000 tangan ini berasal dari negara China yaitu etnis Tionghoa. Seribu tangan disini memiliki definisi bahwa Sang Dewi Guan Yi memiliki kemampuan untuk memberikan pertolongan bagi umat manusia di muka bumi.

Di dalam setiap gerakannya, terkandung makna yang menceritakan sifat-sifat Sang Dewi (Guan Yin) yang dijelaskan dalam kitab suci atau sutra umat BuddhaDi dalam kitab tersebut disebutkan, Sang Dewi mempunyai 32 wujud, seribu kemukjizatan, dan mempunyai delapan keanggunan. Karena itu, tari Dewi Seribu Tangan tersebut mempunyai makna yang mengisahkan sifat penyayang, penolong, serta welas asih.

 

Untuk Penari nya sendiri tidaklah terdiri dari 1000 orang. Melainkan, hanya terdiri dari puluhan orang saja yang dimana memainkan tangan mereka sehingga terciptalah ilusi seolah-olah ada 1000  tangan disana. Untuk membawakan tarian ini diperlukan konsentrasi yaang penuh karena tidaklah mudah untuk membawakan nya. Di negara asalnya yaitu China, Tarian ini pertama kali dibawakan pada tahun 1987 pada China Art Festival dimana mereka semua adalah tunarungu. Keren abis ya?? Salut! Sementara untuk tarian ini dibawakan di Indonesia saat Imlek.

Meirika Deborah Romauli Simanjuntak

Sumber : https://blog.misteraladin.com/tari-tradisional-populer/

https://mediawarta.com/2016/06/wow-betapa-indahnya-tarian-dewi-seribu-tangan/