Pentingnnya pemanasan sebelum menari

Pentingnya Pemanasan Sebelum Menari

Pemanasan adalah hal yang penting untuk dilakukan, namun kerap kali dilupakan, sebelum menari. Sebagian penari seringkali melewatkan pemanasan karena dianggap tidak terlalu penting dan remeh, padahal pemanasan sangat penting dilakukan sebelum melakukan kegiatan fisik seperti menari.

Berikut beberapa alasan penting mengapa pemanasan perlu dilakukan sebelum menari:

  1. Meningkatkan suhu otot

Gerakan-gerakan dalam pemanasan berguna untuk meningkatkan temperatur otot tubuh. Hal ini penting karena otot yang hangat akan lebih cepat dalam berkontraksi dan rileks lebih cepat pula. Ini persis seperti pentingnya memanaskan mesin mobil sebelum memacunya.

  1. Meregangkan dan melenturkan otot

Salah satu cidera yang paling sering diderita penari adalah cidera otot. Cidera yang demikian bisa jadi disebabkan karena otot yang kurang lentur dipaksa untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu yang seharusnya menuntut fleksibilitas lebih. Salah satu pentingnya melakukan pemanasan sebelum menari adalah untuk melenturkan otot agar terhindar dari cidera semacam itu.

  1. Melebarkan pembuluh darah

Menari adalah kegiatan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian di Inggris pada tahun 2007, yang melibatkan lebih dari 48.000 orang dewasa, menyatakan bahwa resiko kematian akibat penyakit jantung bisa diminimalisir dengan menari secara rutin. Pemanasan pun menjadi hal krusial sehubungan dengan kerja jantung saat menari. Pemanasan berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang lebar memuat kerja jantung menjadi lebih ringan dan memperlancar aliran darah.

4.Meningkatkan temperatur darah

Fungsi penting pemanasan yang lain adalah meningkatkan temperatur darah saat melakukan kegiatan menari. Saat suhu darah naik maka keterikatan oksigen pada hemoglobin akan menurun sehingga lebih mudah untuk dilepaskan pada sel-sel otot.

  1. Perubahan hormonal

Dengan melakukan pemanasan tubuh akan meningkatkan produksi berbagai hormon yang berhubungan dengan proses produksi energi. Selama pemanasan ini keseimbangan hormon membuat lebih banyak karbohidrat dan asam lemak tersedia untuk produksi energi. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dan bugar dalam menari karena ketersediaan energi yang lebih banyak dalam tubuh.

  1. Persiapan mental

Selain faktor fisik, pemanasan juga memegang peran penting di sektor mental. Saat melakukan pemanasan adalah waktu yang paling tepat untuk mempersiapkan mental, membersihkan pikiran serta meningkatkan fokus sebelum menari. Pemanasan bukan hanya bersifat jasmani, namun juga spiritual.

Related image

Sumber  : https://qubicle.id/story/pentingnya-pemanasan-sebelum-menari
https://www.google.com/search?q=pemanasan+sebelum+menari&espv=2&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwium-mGq9vSAhWMq48KHT1kAQoQ_AUIBigB&biw=1366&bih=662#imgdii=uNOCcmZBaTs02M:&imgrc=f_AmAa0BffGIAM: