Cara Membuat Koreografi Tari

Dalam membuat koreografi tentu tidaklah mudah. Karena dalam membuatnya dibutuhkan kreatifitas, kesabaran, dan kerja keras. Koreografer menciptakan gerakan karena musik yang menginspirasi dirinya. 

Berikut beberapa cara membuat koreografi tari:

  1. Pikirkan konsep gerakan. Untuk menyampaikan pesan, emosi, dan makna dari suatu tarian yang ditampilkan. Segala ide yang ada salurkanlah ke selembar kertas. Jadikan itu sebagai acuan dalam membuat koreografi.
  2. Pilih jenis tarian yang akan ditunjukan. Pastikan memilih jenis tarian yang sesuai dengan kemampuan dan karakter para penari. Bisa juga dengan memadukan beberapa jenis tarian di dalam satu koreografi tersebut. 
  3. Pilih lagu yang sesuai. Lagu adalah elemen penting dalam membuat koreografi. Dengan lagu yang sesuai, maka makna dari koreografi yang dibuat pun tersampaikan dengan baik. 
  4. Ciptakan gerakan sesuai dengan ritme dalam musik. Bereksperimen terhadap setiap gerakan yang dilakukan. Pastikan setiap gerakan cocok dengan ritme dalam lagu yang dipilih. 
  5. Sempurnakanlah koreo yang dibuat. Dengan melatih setiap gerakan yang sudah kita buat dan tetapkan, badan akan menjadi terbiasa dan nyaman dalam melakukan gerakan tersebut.

Itulah beberapa cara dalam membuat koreografi tari. Semoga bermanfaat! Jangan lupa kunjungi kami di Instagram @stamanara untuk informasi menarik lainnya!

STAMANARA? AHEEE~

Sumber: https://id.wikihow.com/Membuat-Koreografi-Tari