How Dancing Help People Connect

Hai dancers! Kalian pasti tau kan kalau dancing itu memiliki banyak sekali manfaat mulai dari kesehatan mental, kesehatan fisik, dan lain-lain. Namun, apa kalian tau bahwa dancing dapat membantu kita untuk dapat terhubung atau membangun koneksi dengan orang lain? Ya, ini benar! Tari memberikan ekspresi, koneksi, tawa, pelepasan, dan harapan. Dimana hal ini dapat membantu manusia untuk dapat membangun koneksi tanpa harus menggunakan sentuhan, karena kita masih bisa merasakan hubungan manusia yang dekat dengan mengekspresikan diri kita melalui bahasa tubuh. Ini semua adalah hal-hal yang paling kita butuhkan sekarang, terlebih lagi setelah kita melalui masa-masa lockdown.

Beberapa penelitian dan survei juga telah menunjukkan, bahwa dancing juga dapat meningkatkan kepekaan, pemahaman, penghargaan, dan pertimbangan bagi orang lain, baik untuk  persamaan dan perbedaan.  Hal ini dapat dilihat dari hasil studi seorang Psikolog Universitas Oxford (yang juga merupakan seorang penari) bernama Bronwyn Tarr. Ketika Tarr dan timnya meminta remaja dari sekolah menengah di Brazil untuk menari dengan cepat, musik elektronik 130-beat-per-menit dalam kelompok yang masing-masing memiliki tiga orang. Para siswa ini diintruksikan untuk menari dengan gerakan yang sama dan waktu yang sama tanpa memandang tingkat sinkron satu sama lain dan aktivitas fisik tingkat tinggi ataupun rendah. Setelah berjalannya studi tersebut, hasilnya menunjukkan bahwa para siswa mengatakan mereka merasa lebih dekat dengan partner dance mereka daripada orang lain di kelas mereka setelah menari. Dari studi ini, para siswa yang mengerahkan diri lebih banyak juga merasa lebih dekat dengan kelompok mereka, terlepas dari apakah mereka menari secara sinkron. Selain itu, menari juga dapat memperluas wawasan kalian dengan memperkenalkan kalian kepada orang lain dan membantu kalian lebih baik dalam membangun hubungan di kemudian hari.

Nah, gimana dancers? Sudah tau kan bagaimana dance dapat membantu manusia untuk dapat terhubung satu sama lain? Jadi, untuk yang masih ragu untuk memulai kehidupannya dalam menari, jangan ragu lagi ya dancers. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu yaa para dancers!

STAMANARA? AHEE!~

Reference: