Kesenian Tari Angguk

Apa sih itu Tari Angguk? Tari sambil mengangguk-anggukan kepala, kah?

Mungkin nama tarian ini masih asing di beberapa telinga kalian, namun tarian ini memiliki sejarah dan makna yang menarik, lho! 

Yuk simak bareng-bareng!

Tari Angguk ini adalah tarian yang berasal dari Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Kulon Progo. Tarian ini dikatakan sebagai pengembangan dari Tari Dolalak dari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Tarian ini diyakini telah muncul disekitar tahun 1900-an. Pada awalnya, tarian ini hanya ditarikan oleh laki-laki. Namun, sejak tahun 1991, mulai banyak penari perempuan yang melakukan tarian ini dan dianggap lebih menghibur dari penari laki-laki.

Jika kalian lihat dari foto yang tertera di atas, kalian pasti merasakan adanya budaya lain selain Indonesia yang disimbolkan melalui kostum yang dipakai oleh penari Angguk tersebut. Ya, tarian ini adalah gabungan atau kombinasi dari tiga budaya sekaligus. Tiga budaya tersebut adalah budaya Islam, Barat, dan juga Timur. Unsur budaya Islam terlihat dipadukan di dalam tarian tersebut dikarenakan pembukaannya yang selalu dibawakan dengan Shalawat Nabi. Kemudian dari tata busana tarian ini juga menampikan adanya budaya kolonial dengan menggunakan baju militer dari budaya Barat, yaitu Belanda. Adanya budaya Belanda yang dipadukan di tarian ini dikarenakan tarian ini diyakini terlahir pada saat jaman Belanda menjajah dan menguasai Indonesia. Kemudian budaya Timur dirasakan dengan adanya gerakan yang menitikberatkan pada keluwesan dan menggunakan alur cerita yang diambil dari Serat Ambiyo.

Nah, kenapa sih dinamakan Tari Angguk?

Nah dari namaya juga telah menyimbolkan bahwa tarian ini memiliki gerakan khas yaitu mengangguk-anggukan kepala, dikarenakan salah satu tujuan tarian ini adalah untuk merayakan para pemuda-pemudi dengan sambil bersukaria dan menganggukan kepala. Selain bersifat menghibur, tarian ini juga digunakan sebagai ucapan syukur kepada Tuhan setelah panen padi.

Kemudian yang paling mengejutkan, tarian ini dapat dibawakan dengan durasi selama 3 hingga 7 jam, lho! Bahkan tarian ini juga memiliki kesan mistis dimana biasanya sebelum melakukan tarian ini, diadakan ritual sesaji di sekitar lokasi. 

Nah, gimana nih teman-teman, pasti tertarik kan untuk melihat tarian ini?

Berikut video tari Angguk yang dapat kalian lihat

https://www.youtube.com/watch?v=1NgkcN3G3Bw 

Selamat menyaksikan dan jangan lupa untuk follow Instagram Stamanara ya di @stamanara

dan pastikan kalian sudah follow akun tiktok Stamanara, nih di @stamanara

Stamanara? Ahe~~~~!