BODY GROOVE: The Revelation of Dance

BODY GROOVE: The Revelation of Dance


Yaps, BODY GROOVE is back! Sebagai event rutin STAMANARA, Body Groove kembali hadir pada tahun ini dan telah sukses dilaksanakan. Festival tari BODY GROOVE merupakan salah satu event terbesar STAMANARA yang bertujuan sebagai bentuk apresiasi STAMANARA terhadap seni tari melalui kompetisi dance. BODY GROOVE kali ini mengusung tema “The Revelation of Dance”. Event ini berlangsung pada 26 – 28 Februari 2021. Meskipun berada di tengah pandemic COVID-19, BODY GROOVE tetap dilaksanakan dengan sistem online. Oleh karena itu, terdapat julukan khusus di tahun ini yaitu BODY GROOVE [GOES ONLINE]. Meskipun begitu, BODY GROOVE: The Revelation of Dance tetap berjalan dengan sangat meriah diiringi semangat yang membara dari para partisipan.

Tidak main-main, kompetisi BODY GROOVE: The Revelation of Dance memiliki total hadiah sebesar Rp.12.250.000 lho! Oleh karena itu, para partisipan sangat antusias dalam bersaing secara sehat untuk memenangkan hadiah tersebut. BODY GROOVE: The Revelation of Dance menawarkan 3 kategori lomba yaitu Dance Competition, K-Pop Dance Cover Competition, dan Open Style Battle 1 On 1. Tentunya juri pada BODY GROOVE kali ini ngga kalah keren! Dimulai dari Dance Competition yang dijurikan oleh Kak Linda ‘Miss B’ dan juga Kak Tenda; K-Pop Dance Cover Competition oleh Kak ZT dan Kak Novita; dan Open Style Battle oleh Kak Danzel dan Kak Semmy Blank.

Eiiits, BODY GROOVE tahun ini tidak hanya menyelenggarakan kompetisi aja, sedikit sentuhan spesial, ada rangkaian Open Class dari para juri yang pastinya sangat bermanfaat bagi seluruh peserta. Open Class dilakukan pada tanggal 26 Februari 2021 yang terbagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama dimulai pada 15.00 WIB oleh koreografi ciamik dari Kak Tenda dan diikuti sesi Hip-Hop yang cool banget oleh Kak Semmy Blank pada 17.00 WIB. Last but not least, pada 19.00 WIB, diselenggarakan sesi K-Pop oleh Kak Novita. Wah, antusiasme partisipan dalam mengikuti Open Class sangatlah tinggi sehingga seluruh rangkaian kelas terasa menyenangkan. Semoga ilmu yang didapat bisa bermanfaat ya!
Kita beranjak masuk pada main event di keesokannya —Sabtu, 27 Februari 2021; event Open Style Battle dilaksanakan. Perasaan mendebarkan tidak hanya dialami oleh para peserta, sebenarnya pihak panitia juga merasakannya lho, hihi. Karena sistem kompetisi battle secara daring seperti ini terhitung jarang digunakan. Para peserta melakukan battle 1-On-1 dengan peserta lain secara real-time dan langsung dinilai oleh Kak Semmy Blank serta Kak Danzel sehingga kita langsung mendapatkan pemenangnya.

Dan hari yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Setelah melalui proses seleksi yang sangaaaaaaaaaaaaat panjang, Finale Day dari BODY GROOVE: The Revelation of Dance diselenggarakan dengan konsep Online Performance pada tanggal 28 Februari 2021. Penutup bulan Februari yang menegangkan sekaligus menyenangkan! Event dimulai dengan penilaian langsung peserta Top 20 dari kategori K-Pop Dance Cover Competition oleh Kak Novita dan Kak ZT. I’m in awe! Benar-benar keren banget semuanya, serasa lagi nonton oppa dan unnie langsung. Setelah break, penilaian langsung untuk kategori Dance Competition oleh Miss B dan Kak Tenda dimulai dengan sangat meriah. Koreografi original dari maisng-masing team sangat memikat hingga meninggalkan kesan tersendiri di hati semua partisipan nih! Agar semakin seru, pada Finale Day terdapat sesi Games dan Lucky Draw juga lho. Dan tidak sampai disitu, STAMANARA sendiri juga menyiapkan special performance: bukan cuma satu, ada dua video project yang ditampilkan. Video pertama merupakan penampilan dari STAMANARA Crew terkini, dan surprise! Video kedua adalah special project dari para alumni STAMANARA yang pastinya boom — wow maksimal! Kegiatan Finale ditutup oleh pengumuman pemenang dari kedua kategori kompetisi hari ini.

Bagaimana, teman-teman? Seru sekali ya BODY GROOVE: The Revelation of Dance tahun ini. Pandemi bukan akhir dari segalanya, kita masih bisa memanfaatkannya untuk hal yang lebih baik lagi. Terbukti karena diselenggarakan secara online, event BODY GROOVE: The Revelation of Dance sudah mencapai tingkat Nasional! Semoga prestasi ini bisa tetap terjaga ya. Sampai jumpa di BODY GROOVE selanjutnya!