Intip Uniknya Tari Topeng Malangan Yukk !!

Udah pernah main – main ke kota Malang ga guys? Kalau belum yuk mampir ke Malang…

Kota Malang adalah kawasan metropolitan terbesar kedua di Jawa Timur loh… keren kan!! Nah… jika dilihat dari sisi kebudayaannya Kota Malang  menyimpan banyak keunikan yang dapat kita simak dan pelajari bersama. Berhubungan dengan kebudayaan, yuk kita kupas salah satu tarian khas Malang. Udah ada yang tahu belum apa tari yang paling terkenal di kota Malang? Ya… Tari Topeng Malangan.

Tarian Topeng Malangan adalah seni pertunjukan tari yang paling terkenal di Kota Malang. Tarian ini berasal dari Kerajaan Kediri yang diciptakan oleh Airlangga, putra Darmawangsa Beguh. Tarian ini biasanya ditampilkan pada saat upacara adat, upacara penghormatan serta acara resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah di Kota Malang. 

Tarian ini terus dilestarikan hingga saat ini dengan tujuan untuk mempertahankan tradisi unik dari kebudayaan Kota Malang. Tidak sekedar unik dan mempesona, Tari Topeng Malangan memiliki makna dari kehidupan serta watak yang dimiliki manusia seperti merasa senang, sedih, tertawa, malu dan yang lainnya. Makna ini juga dapat dilihat secara jelas dari perbedaan warna dan juga ekspresi di tiap karakter topengnya yaitu, putih yang melambangkan kesucian, kuning melambangkan kesenangan, hijau yang menggambarkan kehidupan dan merah yang memiliki makna hawa napsu.

Gerakan Tari Topeng Malangan, Tarian ini dilakukan oleh beberapa orang yg telah tergabung di dalam suatu kelompok maupun sanggar tari. Sesuai dari namanya tarian ini dilakukan dengan menggunakan topeng serta kostum yang telah disesuaikan dengan ceritanya. Gerakan Tari Topeng Malangan harus disesuaikan dengan karakter yang diperankan. Salah satu gerakan yang khas yaitu kaki dibuka lebar dengan jarak kurang lebih tiga telapak, posisi kaki menghadap ke arah samping kanan dan kiri. 

Nah… gerakan yang satu ini disebut gerakan tanjak.

Semoga Artikel ini bisa menambah pengetahuan kalian ya guyss..

Penulis : Devanda Melsta

Sumber : 

https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/08/124819369/tari-topeng-malangan-sejarah-makna-gerakan-dan-propertinya?page=all

http://ngalam.id/read/4071/topeng-malangan/