Manfaat Terapi Musik untuk Kesehatan Mental

Musik tentu sudah dikenal mampu mempengaruhi mental hati seseorang, baik dari bermain ataupun mendengarkan music. Terapi musik juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi masalah kesehatan mental. Terapi musik menggabungkan teknik mendengarkan, merenungkan, dan membuat musik untuk meningkatkan kesehatan mental. Terapi music bermanfaat bagi individu yang mengalami penyakit Alzheimer, demensia, dan kerusakan otak. Dengan menyanyikan lagu-lagu dari masa lalu, dapat membuka jendela ekspresi dan kesadaran emosional. Maka karena itu, hal ini dapat membuat seseorang mengeskpresikan diri dan mendapatkan kesadaran akan emosi mereka.

Terapis akan menyesuaikan teknik terapi music tergantng dengan kebutuhan pasien. Dapat dengan menciptakan musik, mendengarkan lagu yang memicu nostalgia, bernyanyi, bermain alat musik. Jika pasien dapat mendiskusikan pengalaman tersebut, terapis dapat menanyakan suara apa yang mengingatkan mereka atau apa yang mereka rasakan. Semua latihan tersebut dapat memungkinkan terapis dan pasien dapat menciptakan suatu hubungan antar satu sama lain.

Mengapa terapi musik jadi bagian dari terapi mental? Karena terapi musik dibuktikan dapat membantu pasien mengatasi trauma emosional dan rasa sakit fisik atau merasa lebih percaya diri, gembira, dan terhubung. Di luar terapi, semua orang masih dapat menikmati manfaat ini, karena music dapat membangkitkan emosi dan mendorong diskusi.

Manfaat musik untuk kesehatan mental antara lain; membantu mengurangi stress. Musik telah terbukti menjadi penolong menurunkan stress. Terutama, mengacu pada musik yang bertujuan untuk meditasi, menenangkan pikiran dan mendorong relaksasi. Kedua adalah membantu mengelola rasa sakit, musik juga bisa membantu mengurangi rasa sakit yang signifikan dibandingkan dengan berusaha mengatasinya dengan cara lain.

Ketiga adalah membuat tidur lebih nyenyak . Insomnia merupakan masalah serius yang mempengaruhi orang-orang tanpa memandang usia. Meski ada banyak sekali pendekatan, hal ini dapat mengurangi dampak negative. Meningkatkan suasana hati. Manfaat musik dapat meingkatkan suasana hati, apalagi musik-musik yang bernada positif dapat membantu kita semua lebih bersemangat menjalani aktivitas dengan membangun suasana hati.Selanjutnya adalah mengurangi gejala depresi. Depresi yang tidak ditangani dapat menjadi masalah serius karena bisa membuat seseorang bertindak tanpa berpikir Panjang. Namun, musik dapat mengatasi hal ini.

Terakhir adalah meningkatkan motivasi. Musik dapat meningkatkan motivasi terutama saat berolahraga. Dengan nada yang bertempo cepat secara tidak langsung pergerakan kita juga semakin cepat. Sebaliknya, jika kita mendengar musik yang bertempo lambat kita akan cenderung lebih tenang. Hal ini dapat kita lakukan disaat bekerja, belajar, dan sebagainya. Supaya kita dapat fokus ke satu hal, tentu musik dapat menjadi perantara kita dalam mengalihkan perhatian kita dan agar kita mendlami apa saja yang kita sedang kerjakan sehingga kegiatan kita menjadi lebih efektif.