Alat Musik Malaikat

Harpa atau alat musik yang sering dijuluki ‘alat musik malaikat’ adalah alat musik klasik. Alat musik ini memang sering dikaitkan dan diilustrasikan dengan malaikat karena suaranya yang sangat indah. Kolaborasi antara suara petikan harpa yang manis dengan suara malaikat yang ayu membuat orang beranggapan bahwa perpaduan antara harpa dan suara malaikat akan menghasilkan bunyi yang begitu elok. Sering diidentikkan dengan musik klasik, mitologi Yunani, mahal, dan high class, harpa memiliki kisaran harga yang beragam. Mulai dari 7 juta rupiah hingga 84 juta rupiah. Harpa bisa dibilang sebagai salah satu instrument tertua di dunia. Alat musik ini sudah ditemukan sejak 5000 tahun lalu. Tepatnya saat zaman Mesir kuno. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya gambar harpa di dinding makam orang mesir kuno yang berada di dekat sungai Nil. Para ilmuwan memperkirakan bahwa gambar tersebut dibuat pada 3000 tahun sebelum masehi.

Alat musik ini berbentuk segitiga dan kedua kakinya dihubungkan oleh sebuah lengkungan berdesain elegan. Jumlah dawai atau senar pada harpa pun berbagai macam. Harpa kecil berukuran 60 sentimeter memiliki 22 senar, sedangkan harpa besar berukuran 180 sentimeter memiliki 47 senar. Setiap senar pada harpa menghasilkan satu nada. Nada yang dihasilkan harpa sama seperti pada piano. Suara melodinya pun juga mirip dengan piano. Cara memainkannya pun hampir sama dengan gitar. Harpa memiliki 3 bagian utama yaitu : papan suara (Sound board), leher (Neck), dan senar (String). Seiring berkembangnya zaman, sekarang muncul harpa elektrik.

Harpa kecil bisa dimainkan sambil dipangku atau dililitkan kain sebagai pegangan di Pundak sementara harpa besar biasanya diletakkan di lantai. Alat musik ini dapat dimainkan dengan tangan, dan kaki seperti yang ditemui pada pedal harp. Tidak hanya dimainkan secara solo, alat musik ini dimainkan secara ensemble. Harpa seringkali hadir bersama dengan orkestra simfoni, dan diiringi dengan suara vocal, suara flute, atau bisa juga dengan jazz bass dan drum.

Pada tahun 2019, salah satu pemain harpa asal Indonesia, Sisca Guzheng Harp, bersama musisi dan pemerhati seni musik lainnya, sedang berupaya untuk membuat “ Harpa Nusantara”. Instrumen Harpa Nusantara ini nantinya akan dibuat dengan memadukan unsur-unsur seni khas Indonesia. Tubuh harpa akan dihias oleh motif khas Indonesia seperti motif Toraja, Kawung, dan Mega Mendung. Hal ini merupakan produk inkulturasi antara budaya Barat dan Timur, sehingga diharapkan ruh Indonesia pada alat musik harpa lebih terasa.

Beberapa contoh harpist terkenal di dunia adalah Joanna Newsom, Yolanda Kondonassis, Nancy Allen, dan Maeve Gilchrist. Tidak mau kalah, Indonesia pun juga memilik harpist-harpist hebat yang memiliki musikalitas tinggi. Harpist tersebut adalah Heydi Awuy, Maya Hasan, Rama Widi, dan Uzi Pieters.

Author: Giorgina Lalopua
Referensi:
https://bobo.grid.id/read/08679209/harpa-alat-musik-para-malaikat?page=all
https://id.wikipedia.org/wiki/Harpa
http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/post/harpa–seni-musik?lang=id

Mengenal Alat Musik Harpa dengan Sejarah dan Fakta-Fakta Menarik


https://www.djarumcoklat.com/article/empat-pemain-harpa-terbaik-asal-indonesia
https://www.pxfuel.com/id/free-photo-xhupb