Kihno: Album Digital Dengan Teknologi Kekinian

Tentu sudah umum bagi seorang penyanyi atau musisi untuk memiliki sebuah album. Dahulu album dapat berbentuk piringan hitam (vinyl), CD, dan cassette. Namun, seiring berkembangnya zaman kita dapat menemui album digital yang dapat dengan langsung kita putar di smartphone kita. Biasanya album digital tersebut dapat dibeli platform music digital seperti iTunes store atau pun kita bisa mendengarkannya melalui platform musik seperti Spotify, Apple Music, Shazam, dan masih banyak lagi. Tapi apakah kamu sudah tau mengenai album Kihno?

Kihno mulai popular dari Industri K-Pop yang berasal dari Korea Selatan. Selain merilis album fisik yang berisi, CD lagu, photobook, photocard, postcard, dan poster, banyak musisi Korea Selatan yang juga merilis albumnya dalam bentuk digital atau yang biasa disebut sebagai Kihno Kit. Penggunaan Kihno album sebagai bentuk lain dari penjualan album secara fisik dan digital, sudah mulai populer akhir-akhir ini, terutama bagi industri hiburan Korea. Ada banyak agensi yang merilis Kihno album, sebagai salah satu pilihan dalam merilis karya-karya artis mereka.

Kihno album sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan flashdisk untuk menyimpan data. Dapat dikatakan bahwa Kihno album adalah versi ilegal untuk copy album digital. Kihno sendiri telah dibekali teknologi untuk menyimpan video klip, foto dan lagu dalam bentuk digital. Untuk bisa mendengarkan lagu, melihat video klip atau photocards dalam bentuk digital di dalam Kihno album, fans atau pembeli album kihno harus download aplikasi Kihno player yang bernama KiT Player terlebih dahulu. Setelah itu, Kihno album baru akan bisa dikoneksikan ke smartphone yang kita miliki. Tidak hanya mendapat Kihno Kit yang berisi lagu, video, dan foto, saat membeli Kihno Album, kita bisa mendapat kan booklet dan photocard.

Aplikasi KiT Player:

Kelebihan dari Album Kihno adalah dengan album ini, kita bisa mendengarkan lagu dari gadget keren ‘sekelas’ kihno. Selain itu, biasanya pihak agensi yang merilis album kihno akan memberikan ‘bonus’ photocard limited edition yang tidak terdapat dalam album fisik. Bentuk album kihno yang unik dan menarik ini juga bisa masuk dalam daftar koleksi official merchandise dan sangat indah untuk dipajang. Selain itu, dengan album Kihno, kita memiliki lagu-lagu digital yang belum tentu dapat kita unduh melalui situ-situs musik tertentu.

Segala sesuatu pasti juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari album Kihno ini adalah kita wajib membawa album kihno kita kemana saja apabila kita ingin mendengarkan lagu dalam album tersebut. Namun, kita bisa saja mendegarkan lagu tanpa album tersebut karena dalam teknologi barunya, lagu-lagu yang sudah diunduh lewat KiT Player bisa didengarkan tanpa album kihno selama 24 jam. Selain itu kekurangan lainnya dari album Kihno ini adalah harganya yang cukup mahal. Satu album Kihno dihargai Rp. 300.000,00 hingga Rp. 350.000,00. Tentu hal ini jauh lebih mahal dibandingkan album fisik yang dijual dengan harga range harga Rp. 270.000,00.

Author: Angelina Giorgina Selma Lalopua
Referensi:
https://kumparan.com/kumparank-pop/k-popedia-kihno-album-teknologi-kekinian-yang-dipakai-penyanyi-k-pop-1535448846211077692/full
https://www.idntimes.com/hype/entertainment/ines-sela-melia-s/kihno-album-kpop-c1c2/5