Music From The Bronx

Jika mendengar nama Kanye West, apa yang ada di dalam pikiran kalian? Selain mantan suami dari seleb Hollywood ternama Kim Kardashian, Kanye West adalah seorang rapper ternama asal Amerika Serikat. Namanya mungkin sering kita dengar , beberapa lagunya pun hits dan digandrungi oleh anak muda. Tapi, apakah kalian tahu apa itu rapper dan apa sih musik rap itu?

Rapper adalah penyanyi rap atau orang yang sedang menyanyi rap. Rap itu sendiri adalah salah satu dari empat elemen budaya hip-hop. Rap merupakan Teknik vokal berkata-kata dengan cepat dengan cara berbicara yang disuarakan melalui rima yang ritmis, yang disertai oleh musik latar yang ritmis. Biasanya rap diiringi oleh DJ ataupun band. Seperti yang sudah dipaparkan dalam kalimat sebelumnya, rap hadir karena hip-hop. Musik hip-hop inilah yang menjadi asal usul adanya rap.

Hip-hop mulai berkembang sekitar tahun 1970. Musik ini dikembangkan oleh masyarakat Afro-Amerika. Musik hip-hop merupakan perpaduan yang dinamis antara rapping, DJing, breakdance dan graffiti. Tidak hanya itu, zaman sekarang musik hip-hop juga diwarnai dengan beatboxing, fashion, slang, dan gaya hidup lainnya. Dengan kata lain hip-hop sekarang bukanlah hanyalah genre musik. Hip-hop telah menjadi lifestyle, lifestyle ini hip-hop ini kerap disebut Hype.

Hip-hop starts from The Bronx. Dari The Bronx New York, hip-hop terus berkembang dengan pesat hingga keseluruh dunia. Hip hop pertama kali diperkenalkan oleh seorang Afro-Amerika, Grandmaster Flash dan The Furious Five. Pada mulanya, hip hop lebih fokus pada permainan DJ. Munculnya grup Run-DMC pada tahun 1980an mengangkat pentingnya rapper dalam formasi hip hop. Sejak saat itu, rap terus berkembang terutama dengan bermunculannya teknik rap yang lebih fresh yang dibawakan oleh Beastie Boys, Salt-n-Pepa, Dr. Dre, Snoop Dogg, LL Cool J, NAS, Queen Latifah, Lauryn Hill, Jay Z, Eminem, 50 Cent, dan masih banyak rapper lainnya.

Masing-masing rapper memiliki ciri khas tersendiri, mereka bisa membuat suasana lagu menjadi berbeda sesuai dengan ciri khas mereka. Lirik lagu-lagu rap yang di produksi pun beragam. Mulai dari memberikan semangat, kritik sosial-politik, hingga bercerita tentang kekerasan yang biasa terjadi di lingkungan ras kulit hitam di Amerika. Kerasnya kehidupan ghetto atau awasan kumuh membuat musik menjadi salah satu cara positif untuk menyampaikan pesan tanpa kekerasan. Lumrah adanya jika lirik rap berisi tentang kekerasan atau perseteruan antar gang. Tidak heran, beberapa kejadian tragis pun pernah mewarnai sejarah rap dan hip hop, seperti tertembaknya Tupac Shakur pada tahun 1996, dan dibunuhnya Notorius B.I.G pada tahun 1997.

Sekarang hip-hop dan rap telah mendunia. Sekarang, genre musik ini menjadi universal dan tidak dikhususkan untuk golongan tertentu saja. Pada era sekarang , rapper tidak hanya berasal dari Afro-Amerika saja, muncul rapper-rapper kulit putih dan Asia seperti Eminem, Post Malone, Macklemore, Rich Brian, Jackson Wang, Jay Park, dan masih banyak lagi.

Author: Giorgina Lalopua
Referensi:
https://www.idntimes.com/science/discovery/belinda-belinda/asal-usul-hip-hop-mulai-dari-ras-hingga-ketenaran-exp-c1c2
https://www.shvr.id/colonies/article/SEJARAH-HIP-HOP
https://id.wikipedia.org/wiki/Musik_hip_hop
https://www.saintd.co/2020/05/sejarah-rap.html