Serba Serbi Musik R&B

Musik R&B atau Rhythm and Blues adalah salah satu genre musik yang popular belakangan ini. Genre musik ini menggabungkan beberapa jenis genre musik lain seperti jazz, gospel, dan blues dengan elemen pop, soul, funk, hip hop, dan elektronik musik. Genre musik R&B pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. Nama R&B berasal dari istilah pemasaran di Amerika Serikat pada tahun 1947 oleh Jerry Wexler yang pada waktu itu bekerja di majalah Billboard. Istilah R&B digunakan untuk mengganti istilah ‘musik ras’. Musik ras atau race music adalah referensi untuk musik-musik yang dibuat oleh orang kulit hitam pada masa itu. Sebutan musik ras dianggap rasis dan ofensif maka dari itu, Billboard mulai menggunakan nama Rhythm and Blues untuk menggantikan istilah musik ras. Musik R&B pada tahun 1950 identik dengan pemuda kulit hitam di klub Honky-Tonks dan After-Hour namun ketika musik hip hop muncul dan mulai mendominasi kehidupan sosial kulit hitam, R&B dianggap menjadi ‘sekelompok lagu cinta’. Sekarang genre R&B adalah salah satu genre musik yang paling digemari di seluruh dunia.

R&B juga terdiri dari R&B kontemporer. Perbedaan R&B dan R&B kontemporer adalah R&B memiliki nuansa jazz yang lebih terasa serta memiliki banyak ritme dan aliran yang lebih natural sedangkan R&B kontemporer pada dasarnya dibuat dari musik elektronik dan lebih mengarah ke genre hip hop apalagi dalam beberapa tahun belakangan ini. R&B memiliki ciri alunan musik yang lebih enak di dengar. R&B lebih dekat dengan pop, jazz, dan soul. Genre ini lebih menitik beratkan pada kualitas vokal yang baik dan lirik yang lebih santai. R&B cenderung lebih mengutamakan improvisasi melodi, khususnya vocal para penyanyi dengan harmonisasi yang progresif. Teknik vokal seorang penyanyi seperti riffs and runs akan sangat berpengaruh dalam pembawaan sebuah lagu R&B. Improvisasi riffs and runs seorang penyanyi akan melengkapi suatu lagu serta membuat lagu tersebut menjadi lebih berwarna dan unik. Alat musik yang biasanya digunakan dalam genre musik ini adalah : drum kit, double bass, saxophone, horns, piano, organ, electric guitar, vocals and synthesizers, keyboard, drum machine, dan synclavier.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, genre musik ini mulai muncul pada tahun 1940-an. Perintis musik R&B di tahun 1940-an dan 1950-an meliputi : The Swallows, The Five Blue Notes, The Armstrong, dan The Melodaries. Sekarang, musik R&B sudah sangatlah terkenal dan banyak diminati oleh masyarakat luas. Memiliki peminat yang semakin banyak, penyanyi-penyanyi dengan genre dan timbre vokal R&B juga semakin banyak ditemukan. Beberapa contoh penyanyi R&B internasional yang populer antara lain : TLC, Boyz II Men, Khalid, H.E.R, Jorja Smith, Drake, Beyonce, Rihanna, Alicia Keys, Kehlani, Ella Mai, SZA, Tony Braxton, Frank Ocean dan masih banyak lagi. Di Indonesia ada beberapa penyanyi R&B yang eksistensi nya diakui masyarakat seperti: mendiang Glenn Fredly, Afgan Syahreza, Teza Sumendra dan Niki Zefanya yang berhasil sukses hingga kancah Internasional.

Author: Giorgina Lalopua

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/R%26B

Berkenalan dengan Skena Musisi R&B di Indonesia


Genre Musik
Contemporary R&B Music
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.flickr.com%2Fphotos%2Fthecomeupshow%2F24535114988&psig=AOvVaw2rlchF8IhS7gtGZURlyIjU&ust=1616555105388000&source=images&cd=vfe&ved=0CAMQjB1qFwoTCLD2vKK3xe8CFQAAAAAdAAAAABAD