PARAMABIRA: Virtual Ring of Songs 2020

“Ring of Songs” merupakan tajuk dari konser musik paduan suara tahunan dari Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara (PARAMABIRA) yang telah diadakan sejak tahun 2014. Konser ini kerap membawakan beragam genre musik, mulai dari klasik hingga kontemporer, dari berbagai penjuru secara langsung kepada penonton dari atas panggung. Namun, dengan merebaknya pandemi COVID-19 yang mengakibatkan masyarakat terpaksa harus membatasi interaksi tatap muka dengan sesama, PARAMABIRA pun berinovasi untuk tetap menggelar Ring of Song 2020, tetapi untuk pertama kalinya, secara virtual.

Konser Ring of Songs tahun ini diselenggarakan secara live-streaming pada 12 Juli 2020 pukul 19.30 WIB dengan menggunakan Youtube dan Instagram sebagai sarananya. Di bawah bimbingan Rainier Revireino, pengarah musik sekaligus konduktor PARAMABIRA, PARAMABIRA membawakan delapan (8) lagu yang berasal dari berbagai negara dan bahasa. Konser yang melibatkan sebanyak 60 penyanyi yang terdiri dari anggota aktif hingga alumni ini dapat dinikmati secara terbuka oleh para penggemar musik dan masyarakat umum tanpa perlu mengenakan biaya apapun.

Walaupun keseluruhan acara, mulai dari persiapan hingga penyelenggaraan dan bahkan sesi latihan rutin, dikerjakan secara online, itu tidak menurunkan antusiasme dari para penonton untuk ikut serta menyaksikan pertunjukan konser Virtual Ring of Songs 2020. Ini dapat terlihat dari jumlah views dari video “PARAMABIRA: Virtual Ring of Songs 2020” di Youtube yang sampai saat ini telah mencapai lebih dari 8,7k kali. Selain itu, respon baik dari masyarakat juga dapat dilihat saat konser Virtual Ring of Songs 2020 oleh PARAMABIRA sempat menjadi salah satu berita yang ditayangkan di CNN Indonesia pada 14 Juli 2020 lalu.