Ketentuan Pertandingan & Penggolongan Umur dalam Pencak Silat

Yup, dalam sebuah pertandingan pencak silat penggolongan akan disesuaikan dengan umur serta harus melengkapi syarat untuk melakukan sebuah pertandingan. Gimana sih cara penggolongan dan syaratnya? Nih kita kasih tau mulai dari..

  1. Penggolongan pertandingan Pencak Silat menurut umur dan jenis kelamin untuk semua kategori terdiri atas:

1.1.  Pertandingan Golongan USIA DINI/ ANAK-ANAK untuk Putra dan Putri, berumur 10 tahun  s/d 12 tahun.

1.2.  Pertandingan Golongan PRA REMAJA untuk Putra dan Putri, berumur di atas 12  tahun s/d 14 tahun.

1.3.  Pertandingan Golongan REMAJA untuk Putra dan Putri, berumur di atas 14  tahun s/d 17  tahun.

1.4.  Pertandingan Golongan DEWASA untuk Putra dan Putri, berumur di atas 17 tahun s/d 35 tahun.

  1. Kebenaran tentang umur pesilat yang mengikuti pertandingan dibuktikan dengan Akte Kelahiran / Ijazah / Paspor yang asli atau dengan fotocopy yang sudah dilegalisir.

 

  1. Umur pesilat harus sesuai dengan penggolongan umur peserta ( Usia Dini, Pra Remaja, Remaja, Dewasa dan Pendekar ) dengan berpedoman kepada umur yang bersangkutan pada bulan pertandingan dimulai, kecuali ada ketentuan lain sepanjang tidak melanggar penggolongan umur peserta.

 

  1. Pembagian kelas menurut berat badan hanya berlaku untuk kategori TANDING yang dilakukan dengan penimbangan badan.

Penimbangan.

  • Tidak ada toleransi berat badan.
  • Penimbangan dilakukan ± 15 ( lima belas ) menit sebelum pesilat yang bersangkutan mengikuti pertandingan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  • Untuk penimbangan, pesilat harus berpakaian Pencak Silat yang digunakan untuk bertanding, kering, tanpa sabuk, tanpa pelindung kemaluan dan pelindung sendi.
  • Pesilat yang tidak dapat memenuhi ketentuan berat badan dalam penimbangan menurut kelas yang diikutinya, dikenakan sanksi diskualifikasi.
  • Penimbangan hanya dilakukan satu kali dan harus disaksikan oleh kedua official.
  • Petugas penimbangan dan kedua official tim harus menanda tangani formulir berat badan penimbangan yang telah disediakan oleh Panitia Pelaksana.
  • Petugas penimbangan ditunjuk dan ditugaskan oleh Panitia.

Pemeriksaan Keterangan

5.1. Setiap peserta harus membawa surat keterangan sehat yang sah yaitu surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh dokter dari instansi Rumah Sakit/ puskesmas yang berwenang (maksimal 1 bulan sebelum pelaksanaan pertandingan).

5.2. Apabila sebelum pertandingan dimulai pesilat tidak dapat menunjukkan surat keterangan kesehatan akan dikenakan diskualifikasi.

(Panitia dapat merekomendasikan dokter/ rumah sakit tertentu untuk dilakukan check kesehatan di Kota tersebut dengan biaya di tanggung tim yang bersangkutan).

Nah itu dia, penggolongan umur serta ketentuan pertandingannya. Hal tersebut selalu diperhatikan ketika mempersiapkan pendaftaran untuk sebuah pertandingan. Jadi jangan sampai terlewat ya ketika akan mendaftarkan diri dalam bertanding Pencak Silat!