Gandeng Merpati Putih, Unhan Siap Jadi Embrio Pembentukan Universitas Pencak Silat

SENTUL – Universitas Pertahanan (Unhan) siap jadi embrio pembentukan universitas pencak silat di masa yang akan datang. Hal disampaikan Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Amarulla Octavian saat peresmian Cabang Khusus PPS Betako Merpati Putih Universitas Pertahanan dan pembukaan latihan kadet dan organik Universitas Pertahanan di Aula Merah Putih, Kampus Bela Negara Unhan, Kawasan IPSC Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/9/2020).

Menurut jenderal bintang tiga ini guna mewujudkan cita-cita ini Unhan menggandeng Perguruan Pencak Silat Betako Merpati Putih untuk melatih para kadet dan organik di Univeritas Pertahanan. “Tentunya ini bisa jadi embrio bagi pembentukan universitas pencak silat di masa yang akan datang ini apabila kita (Unhan) diberikan kesempatan. Kita akan kelola pencak silat sebagai budaya nasional secara ilmiah dan akademis,” kata mantan Danseskoal ini.

Menurut Rektor Unhan, pelatihan pencak silat Merpati Putih ini juga diharapkan dapat menambah kemampuan dan stamina dari seluruh mahasiswa dan juga organik di Universitas Pertahanan. “Khusus sebagai kadet mahasiswa ini merupakan salah satu program kurikulum dasar penting agar memiliki olah napas dan olah pikir disamping memiliki kemampuan bela diri. Kita percaya dengan kemampuan bela diri tentunya akan memiliki kemampuan untuk bela negara. Dimana jika mempunyai kemampuan bela diri cukup tinggi maka kemampuan bela negaranya juga akan meningkat,” tukasnya.

Ketua Umum Perguruan Pencak Silat (PPS) Beladiri Merpati Putih Laksamana Muda TNI (Purn) Djajeng Tirto S menyambut baik gagasan Rektor Unhan soal pembentukan universitas pencak silat dengan menggandeng PPS Betako Merpati Putih. “Tentunya dengan adanya pelatihan ini nantinya akan menjadi suatu embrio atau penerus generasi pencak silat Merpati Putih dan Unhan bisa menjadi gaung bagi timbulnya bibit bibit pendekar pencak silat di masa yang akan datang,” ungkap Mas Djajeng sapaan akrab purnawirawan jenderal bintang dua ini.

Sementara Pewaris Perguruan Pencak Silat (PPS) Bela Diri Tangan Kosong Merpati Putih Nehemia Budi Setyawan menyatakan, pembukaan latihan kadet dan organik Universitas Pertahanan ini merupakan suatu kehormatan bagi Merpati Putih. “Pencak silat yang dikenal kampungan bisa memasuki suatu universitas, ini merupakan kesempatan yang luar biasa sekali. Dimana Merpati Putih diterima di wadah yang begitu bergengsi yang begitu mempunyai edukasi, ” kata Mas Nehemia Budi Setyawan dengan didampingi Pewaris Perguruan Pencak Silat (PPS) Bela Diri Tangan Kosong Merpati Putih Mas Amos Priono Tri Nugroho.

Dengan pembukaan pelatihan ini, kata dia, Perguruan Merpati Putih bisa menyumbangkan sesuatu yang dipunyai dan juga merupakan salah salah satu bentuk pengabdian terhadap negara. “Jadi bisa bela negara melalui Universitas Pertahanan,” tandasnya. Dijadwalkan sejumlah pelatih Merpati Putih dari Pengda Jabar, Cabang Kabupaten Bogor dan DKI Jakarta akan mulai melatih sekitar 300 kadet dan 248 organik Unhan pada pertengahan September 2020 ini.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Pengurus Daerah (Pengda) PPS Betako Merpati Putih juga merayakan ulang tahun yang ke 27. Di tangan Ketua Pengda Jawa Barat Yuwono Darpito telah banyak even yang sukses diselenggarakan diantaranya Kejurnas Merpati Putih 2018 di Pusat Pendidikan Zeni TNI AD, Bogor, Jawa Barat. “Saya kebetulan diberikan amanah sebagai Kapengda 4 tahun lalu. Tidak singkat tentunya waktu itu. Untuk itu jangan segen-segan untuk memberikan kritik kalau saya salah langkah. Karena tak ada gading yang tak retak saya sebagai Kapengda dan jajaran mohon maaf kepada warga Jabar, Pewaris dan Dewan Guru jika ada hal yang tidak tepat dan kurang berkenan Insya Allah niat kita untuk menjalin paseduluran saklawase,” kata Mas Yu saapan akrab Ketua Pengda Jawa Barat ini.

Sumber: https://daerah.sindonews.com/read/161600/701/gandeng-merpati-putih-unhan-siap-jadi-embrio-pembentukan-universitas-pencak-silat-1599815362