Takut masuk Pencak Silat? Wah, kamu harus pikir-pikir lagi

Banyak orang memiliki alasan tersendiri ketika ia enggan untuk masuk ke dalam dunia Pencak Silat. Tapi apa sih alasan mereka enggan untuk terjun atau mencoba dunia Pencak Silat? Berikut alasannya :

  1. Silat itu kan pukul-pukul, dunia pencak silat kayanya keras deh.

Eits, memang bener sih Pencak Silat itu memiliki dunia yang keras. Pencak Silat sendiri adalah beladiri, sedangkan beladiri sendiri memilki arti untuk membela diri kita dari berbagai jenis lawan kita. Kita di didik keras (dalam hal positif) agar supaya suatu saat nanti, ketika ada orang jahat yang ingin melukai kita atau mengancam kita, kita dapat melawan, menghindar dan segera lari. Banyak aspek yang masuk didalam pencak silat, yaitu kelincahan, lari, kelenturan dan masih banyak lagi. Semua latihan itu capek kok, kalau nggak capek, ya berarti enggak latihan. Hehee.

  1. Orang yang suka pencak silat tuh diajarin berantem ya? Ah males deh.

Bukan berantem sih sebenernya, didalam Pencak Silat kita diajarkan bagaimana cara menangkis dari serangan lawan dan diajarkan juga menyerang musuh dengan efektif. Memang anggapan orang-orang tentang apa yang dipikirkan bahwa pencak silat adalah tentang berkelahi tidak semuanya benar. Dengan Pencak Silat kita dapat menghargai lawan, menghormati orang lain, dan mengatur emosi, bagaimana caranya? Ya dengan cara mengikuti Pencak Silat, maka perlahan, kalian akan mengerti caranya menghormati, menghargai orang lain dan mengatur emosi.

  1. Ah, Pencak Silat pasti punya ilmu gaib kan? Makannya bisa matah-matahin benda keras gitu..

Ilmu Gaib yang gimana sih? Pencak Silat kan hanya beladiri, yang mengajarkan untuk kita dapat membela diri dari orang yang jahat atau mengancam kehidupan kita. Terus, kenapa bisa mematahkan benda-benda keras itu? Kita ambil contoh Perguruan Pencak Silat Merpati Putih (PPS Merpati Putih), mereka bukan pakai ilmu gaib dan doa-doa serta mantra kok, bukan juga pakai jampi-jampi atau jimat segala rupa. Di dalam PPS Merpati Putih, kita diajarkan untuk mengolah tenaga dalam kita dengan pernafasan. Karena setiap orang memang memiliki tenaga dalam, tetapi mereka tidak menyadarinya. Tenaga dalam bisa keluar karena kepanikan kita atau kecemasan dari setiap individu. Contoh ketika kita dikejar anjing, maka otomatis lari kita akan lebih cepat dari biasanya, karena panik dan cemas digigit anjing. Maka, secara tidak langsung tenaga dalam kita keluar untuk berlari dengan cepat. Nah, Merpati Putih mengajarkan kita untuk mengolah tenaga dalam. Zat tenaga dalam itu biasa disebut zat ATP (Adhenosine Triprospat).

 

Jadi udah jelas kan? Masih ragu ikut Pencak Silat? Ya kali masih ragu, Ayo ikut Pencak Silat dan lestarikan kebudayaan Indonesia!!