Merpati Putih, Perguruan Silat Asal Keraton yang Dikagumi Dunia

Indonesia sejak dulu memang dikenal dengan sebagai negara yang memiliki banyak sekali perguruan pencak silat. Kerennya lagi seni bela diri tradisional itu sampai sekarang masih berjasa dan seakan tidak tergerus zaman, apalagi tergantikan dengan aneka seni bela diri modern. Salah satu perguruan bela diri yang masih bertengger di puncak kejayaan di Indonesia adalah Perguruan Merpati Putih atau biasa disingkat sebagai MP.

Nama Merpati Putih mungkin sudah sering dikumandangkan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Belum lagi perguruan ini juga memiliki wadah perlombaan sendiri guna mengasah para anggotanya. Lalu sebenarnya apa sih kehebatan Merpati Putih ini?

Saat ini selain sudah menjadi anggota dari Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI), Merpati Putih juga telah menjadi bagian dari Martial Arts Federation For World Peace (MAFWP). Tidak hanya itu, perguruan silat yang satu ini juga telah resmi menjadi salah satu anggota Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa atau International Pencak Silat Federation.

Awalnya bela diri ini khusus digunakan di keraton

Seperti yang sudah disebutkan bahwa bela diri ini sudah termasuk salah satu budaya bangsa. Selain itu ternyata Merpati Putih juga adalah warisan nenek moyang Indonesia yang dulunya hanya digunakan untuk ilmu bela diri para keluarga keraton yang secara turun temurun diwariskan dari generasi ke generasi.