5 Bela Diri Ini Adalah yang Terbaik di Dunia

Bela diri sudah ada sejak lama. Keterampilan dasar ini sudah ada pada kehidupan manusia sejak dahulu kala. Setiap wilayah memiliki kekhasan seni bela dirinya masing-masing yang dipengaruhi oleh kondisi dan budayanya masing-masing.

Berbagai teknik, cara dan jurus terus dikembangkan untuk membuat lawan kalah. Bagi kamu yang sedang mencari referensi bela diri apa yang sekiranya cocok buatmu. Berikut ini beberapa seni bela diri paling mematikan dari seluruh dunia.

1. Krav Maga

Krav Maga dalam bahasa Ibrani yang artinya “pertarungan kontak” merupakan sebuah seni bela diri militer yang dikembangkan di Israel. Krav Maga lebih menekankan penggunaan tangan kosong sesuai dengan konteks “kehidupan nyata”.

Teknik yang ditonjolkan dari Krav Maga berfokus pada netralisasi ancaman maksimum. Bela diri ini diakui keunggulannya karena telah digunakan oleh Pasukan Pertahanan israel, FBI, Mossad, SWAT, dan lain sebagainya.

Krav Maga menekankan pada keselamatan diri sambil melumpuhkan lawan dengan cara apapun. Beberapa prinsipnya seperti tidak boleh terluka, menetralkan penyerang secepat mungkin, dan melakukan transisi dari teknik bertahan ke teknik menyerang secepat mungkin.

2. Ninjutsu

Ninjutsu merupakan strategi dan taktik perang konvensional, perang gerilya dan spionase yang konon  dilakukan oleh shinobi atau di luar Jepang dikenal sebagai ninja. Ninjutsu sendiri sebenarnya lebih terlihat seperti seni trik dari pada seni bela diri.

Hanya saja, shinobi yang menggunakannya biasa memadukannya dengan disiplin seni bela diri lainnya seperti teknik bela diri konvensional (taijutsu), teknik melempar senjata (shuriken), teknik pedang (kenjutsu), teknik tombak (sojutsu), teknik tongkat (bojutsu) dan teknik lainnya.

3. Muay Thai

Berasal dari Thailand, Muay Thai merupakan seni bela diri dengan tangan kosong yang berkembang sejak jaman peradaban kuno. Gerakan dasarnya berfokus pada serangan ke kepala, badan dan kaki lawan menggunakan kepalan, siku, lutut, dan tulang kering.

Bentuk pukulannya hampir mirip dengan jenis pukulan tinju ala barat. Karena itulah, di luar Thailand, bela diri ini sering dikenal dengan Thai Boxing.

4. Silat

Bela diri tradisional ini merupakan salah satu yang muncul dan berkembang di Indonesia. Dapat dikatakan, silat merupakan bela diri asli Indonesia. Jenis bela diri ini membutuhkan banyak konsentrasi. Terdapat banyak pengaruh dari budaya Tiongkok, Hindu, Budha dan Islam di dalamnya.

Setiap daerah di Indonesia memiliki aliran pencak silat yang khas. Antara lain seperti aliran Cimande dan Cikalong yang berkembang di Jawa Barat. Aliran Merpati Putih di Jawa Tengah dan Perisai Diri di Jawa Timur.

5. Systema

Bela diri ini berasal dari Rusia. Mencakup beberapa teknik utama seperti pertarungan tangan kosong, menggunakan pisau, bahkan hingga menggunakan senjata api. Tidak ada jurus-jurus yang baku dalam bela diri ini.

Systema menekankan untuk dapat melumpuhkan enam ruas tubuh lawan, yaitu siku, leher, lutut, bahu, pinggang, dan pergelangan tangan.

Sumber http://www.tandapagar.com/bela-diri-paling-mematikan/