Latihan Kepemimpinan Dasar Calon Pengurus (LDK-CP) KMK BINUS 20233 – Behold, Our Power !

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Universitas Bina Nusantara merupakan sebuah organisasi yang mewadahi Binusian Katolik dalam hal pelayanan, sosial, dan intelektual. KMK BINUS telah berhasil mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus dalam rangka melanjutkan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis yang sebelumnya telah diadakan pada bulan Maret. Kegiatan ini diselenggarakan secara integrasi dengan metode hybrid yang mencakup Regional Greater Jakarta (Kemanggisan, Alam Sutera, Bekasi dan Senayan), Malang, Bandung dan juga Semarang.

Dengan mengusung tema “Behold, Our Power!” yang terinspirasi dari ayat Alkitab “Pengkhotbah 4:10”, KMK BINUS berhasil mewujudkan pembelajaran dan meningkatkan kesadaran para calon pengurus dalam menyadari pentingnya kebersamaan dalam kekuatan di organisasi. Rangkaian acara LDK CP terdiri dari pemaparan materi yang diselingi games dan juga break di tiap sesinya. Aktivitas pada puncak acara merupakan sesi Roleplay, di mana para peserta dapat merasakan pengalaman bertanggungjawab dalam sebuah kepengurusan organisasi melalui bentuk problem-solving berdasarkan peran pengurus.

Keseluruhan rangkaian acara LDK CP ini berdurasi selama 8 jam, dari pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Meskipun acara berjalan selama kurang lebih setengah hari, para peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan LDK CP dengan baik. Selain itu, penyelenggaraan acara secara hybrid ini sangat membantu para peserta yang tidak dapat hadir secara langsung (onsite) namun tetap ingin berpartisipasi di kegiatan ini.

Dengan adanya kegiatan LDK CP yang mencakup pemberian materi, ice breaking, berbagi pengalaman serta games telah dilaksanakan dan diterima dengan baik oleh para peserta atau calon-calon pengurus KMK BINUS. Keaktifan para peserta dalam seluruh rangkaian kegiatan menunjukkan keantusiasan mereka untuk tumbuh menjadi regenerasi pengurus yang baik, kreatif, bertanggungjawab dan lebih dekat dengan satu sama lain.

Penulis : Angelica Gabriella Leoni Kusumadewi

Peninjau : Sekretaris Umum KMK BINUS