LDK Calon Pengurus KMK BINUS 2022 | Together Towards Tomorrow

LDK Calon Pengurus merupakan salah satu acara tahunan KMK BINUS dimana kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dasar kepada peserta untuk mempersiapkan diri mereka untuk menjadi pengurus pada periode selanjutnya. Acara ini diselenggarakan pada hari Rabu, 20 Juli 2022 pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB secara online melalui platform Zoom.

Sesi Administration & Operation by Koordinator Regional KMK BINUS Kemanggisan, KMK BINUS Alam Sutera, KMK BINUS Bandung, dan KMK BINUS Malang (Sumber: Dokumentasi KMK BINUS)

Acara LDK Calon Pengurus ini diawali dengan pembukaan acara oleh MC yang menarik dan interaktif. Lalu dilanjutkan dengan sesi ice breaking yang bertujuan untuk mempersiapkan diri peserta sebelum memasuki sesi pembicara. Dalam acara LDK Calon Pengurus ini, pelatihan diberikan dalam bentuk sesi-sesi materi yang dibawakan oleh pembicara. Pelatihan dimulai dengan sesi Regeneration yang membahas tentang pentingnya regenerasi kepengurusan yang baik dan sesi Branding yang membahas tentang usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan KMK BINUS ke masyarakat. Kedua sesi tersebut dibawakan oleh kak Jessica Mulyadi selaku alumni dari KMK BINUS Malang. Setelah kedua sesi tersebut, acara kembali dilanjutkan dengan sesi ice breaking yang dibawakan oleh MC untuk mengembalikan semangat peserta dan suasana acara. Kemudian, terdapat sesi Strategic Management yang membahas tentang strategi-strategi yang baik dalam berorganisasi yang dibawakan oleh Cheryl Wijaya selaku Koordinator Umum KMK BINUS 2022/2023. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi Administration and Operation yang membahas tentang pentingnya memiliki berbagai soft skill dalam berorganisasi serta tips-tips untuk meningkatkannya yang dibawakan oleh Koordinator Regional KMK BINUS Alam Sutera, Kemanggisan, Bandung, dan Malang. Sesi materi terakhir dilanjutkan dengan sesi Finance yang membahas tentang cara dan pentingnya mengatur serta mengelola keuangan organisasi yang dibawakan oleh kak Angelina Grisandi, selaku perwakilan dari Finance and Compliance SCAC. Setelah melewati sesi-sesi materi tersebut, peserta memasuki sesi Roleplay dimana para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk masuk ke breakout room yang sudah disediakan oleh panitia. Kemudian, peserta diminta untuk menyelesaikan beberapa kasus masalah yang sering terjadi ketika mengikuti sebuah kepanitiaan. Mendekati penghujung acara, dilakukan dokumentasi oleh tim Media dan Komunikasi. Terakhir, acara ditutup dengan lagu, doa penutup, pengumuman dan penutup dari MC.

Melalui acara LDK Calon Pengurus ini, diharapkan para calon pengurus KMK BINUS dapat menjadi pengurus yang baik sehingga kepengurusan KMK BINUS dapat terus beregenerasi dengan baik ke depannya.

Penulis: Jonathan William

Peninjau: Sekretaris Umum KMK BINUS