Refresh Our Dream (ROD) KMK BINUS 2021

BINUS University, KMK BINUSRefresh Our Dream (ROD) merupakan salah satu kegiatan dalam program kerja Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) BINUS University berupa retret. ROD KMK 2021 bertujuan untuk menumbuhkan iman, harapan, semangat pelayanan, serta meningkatkan rasa keakraban, kehangatan, dan kekeluargaan anggota maupun alumni. 

Kegiatan ROD pada tahun 2021 diselenggarakan secara daring sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 namun tanpa mengurangi makna dan esensi retret dari kegiatan retret itu sendiri. Rangkaian kegiatan ROD dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 18 dan 19 Desember 2021 dengan mengangkat tema “DID: Diversity in Difficult”. Tema besar acara ROD KMK BINUS University pada tahun ini bermakna meskipun di masa sulit, semua orang dengan keberagamannya dapat berkumpul bersama untuk memperkuat iman dan harapan masing-masing. Melalui tema ini, diharapkan peserta dapat termotivasi untuk tetap kuat dalam menjalani kesulitannya masing-masing dengan mengandalkan Tuhan di setiap perkara.

Sehubungan dengan akan dimulainya integrasi untuk periode selanjutnya, maka peserta yang diundang terdiri dari anggota maupun alumni KMK BINUS University seluruh regional yakni Kemanggisan, Alam Sutera, Bekasi, Senayan (JWC), Bandung, dan Malang. Rangkaian kegiatan ROD KMK BINUS pada tahun ini dipandu oleh dua MC dari regional yang berbeda yakni Lusy dari KMK regional Kemanggisan dan Chatarina Loiuse dari KMK regional Malang.

Pada hari pertama, acara dimulai dengan memutarkan video pembuka dengan theme song “Gue Kece” yang terinspirasi dari salah satu stasiun TV nasional di Indonesia. Setelah memutar video, MC mulai membuka acara dengan doa dan ice breaking berupa senam “Baby Shark” untuk mencairkan suasana. Acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow dengan pembicara Dr. Antonius Atoshokhi Gea, yang merupakan pengajar senior mata kuliah Character Building di BINUS University. Beliau juga merupakan mantan manajer sekaligus pendiri Character Building di BINUS University. Dalam sesi ini, beliau membawakan talkshow dengan tema “In Jesus We Can Do” yang bertujuan untuk meningkatkan iman dan harapan dari seluruh peserta yang hadir. Peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada pembicara melalui sesi QnA setelah talkshow.

Puncak acara pada hari pertama adalah proyek “Ceplok Time” dimana para peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil untuk makan bersama, bercengkrama, dan menonton film pendek di breakout rooms. Setiap kelompok dipandu oleh panitia pendamping yang bertugas untuk mencairkan suasana. Setelah sesi “Ceplok Time” berlangsung, seluruh peserta kembali ke main room untuk bermain Lightning Scaver Hunts. Permainan ini merupakan ajang bagi peserta untuk memperebutkan posisi tercepat dalam mencari benda yang disebutkan oleh MC. Terakhir, acara hari pertama ditutup dengan dokumentasi, doa penutup, dan sesi absensi.

Pada hari kedua, acara dimulai dengan melakukan Misa Bersama setelah MC membuka acara. Misa Bersama dipimpin oleh Pastor Ambrosius Pantola, Svd dari Paroki Santo Arnoldus Jansen Bekasi. Setelah Misa Bersama selesai, acara dilanjutkan dengan kuis Kahoot dengan pertanyaan seputar KMK BINUS dan acara ROD KMK 2021. Selanjutnya adalah pengumuman pemenang kelompok dan individu dengan mengakumulasikan poin peserta pada hari pertama dan kedua. Acara lalu dilanjutkan dengan sesi sharing alumni dan tanya jawab antara pembicara dengan peserta. Sesi sharing ditujukan untuk meningkatkan semangat peserta dalam melayani Tuhan dan sesama. Menuju penghujung acara, ditampilkan video persembahan dari panitia berupa ucapan-ucapan syukur dari atas berlangsungnya acara ROD 2021. Lalu terdapat sesi dokumentasi, absen, serta sesi mengisi kesan dan pesan pada padlet yang dikirimkan panitia. Terakhir, acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh MC.

Atas berkat, rahmat, serta anugerah Tuhan Yang Maha Esa, maka acara ROD KMK 2021 dapat terlaksana dengan baik dan lancar. KMK BINUS juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara mulai dari pembicara, panitia, hingga seluruh peserta yang turut memeriahkan acara ROD KMK 2021. Kami mohon maaf apabila sekiranya masih terdapat kesalahan atau kekurangan selama acara berlangsung. Melalui acara ROD KMK 2021, diharapkan seluruh peserta dapat merasakan pengalaman yang menarik meskipun kegiatan dilakukan secara daring. Akhir kata, sampai jumpa di acara KMK BINUS berikutnya! KMK BINUS, All for Jesus!!

Penulis : Melani Sugiarti Putri
Peninjau : Sekretaris Umum KMK