Antusiasme Calon Aktivis dalam LDK Aktivis KMK BINUS 2023

Mahasiswa Universitas Bina Nusantara yang mendaftarkan diri pada suatu Organisasi Kemahasiswaan (OK) akan diterima sebagai calon aktivis. Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Universitas Bina Nusantara telah sukses mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK A) selama dua hari berturut-turut, dimulai dari tanggal 11 Maret 2023 dan berakhir pada tanggal 12 Maret 2023. Selama dua hari pelaksanaan LDK Aktivis KMK BINUS, baik para calon aktivis maupun panitia telah mendapatkan pelajaran yang berharga melalui acara ini. 

Pelaksanaan LDK Aktivis KMK BINUS sendiri diadakan secara hybrid, di mana persiapan panitia dilakukan secara onsite di Kampus Kijang @Kemanggisan, tepatnya di Ruang Kijang Function Chamber, sementara peserta, yakni para calon aktivis, mengikuti LDK Aktivis KMK BINUS secara daring melalui platform Zoom Meeting.

LDK Aktivis KMK BINUS pada hari pertama diawali dengan pengenalan pengurus baru periode 2023/2024 secara singkat yang diikuti dengan pemaparan sejarah KMK BINUS dan timeline event periode 2023/2024. Pada sesi pemaparan materi, kami mengundang Pak Kevin Deniswara yang merupakan dosen sekaligus Student Organization Advisor (SOA) dari KMK BINUS untuk membawakan materi yang sesuai dengan tema yang diusung,  “Improve Your Hidden Skills! To become an Active, Creative, and Responsible Generation”. 

Setelah melewati sesi yang panjang, rangkaian acara LDK Aktivis KMK BINUS hari pertama ditutup dengan sesi dokumentasi dan absensi sebagai bukti kehadiran peserta dalam LDK Aktivis  KMK BINUS. 

Kemudian rangkaian LDK Aktivis KMK BINUS dilanjutkan pada hari kedua yang lebih fokus pada materi yang diberikan oleh Sekretaris Umum dan Bendahara Umum KMK BINUS Periode 2023/2024. Sehubungan dengan acara dilakukan secara integrasi bersama dengan KMK BINUS dari berbagai regional, materi sekretaris dan bendahara dibawakan oleh masing-masing perwakilan. Sesi sekretaris dibawakan oleh Jessica Dionisia selaku Sekretaris Umum Kampus Alam Sutera dan sesi bendahara dibawakan oleh Nethania Xaviera selaku Bendahara Umum Kampus Malang. Sesi materi oleh sekretaris dan bendahara ini dimulai dengan pre test untuk mengetahui pengetahuan calon aktivis mengenai materi yang selanjutnya akan dibawakan oleh pembicara.

Materi yang dibawakan pada sesi sekretaris dan sesi bendahara sendiri meliputi pembentukan panitia event, pembuatan proposal sampai pembuatan laporan pertanggung jawaban (LPJ) yang akan menjadi bekal bagi calon aktivis ketika mulai mengikuti kepanitiaan event. Pada akhir dari sesi materi sekretaris dan bendahara, para peserta diberikan sebuah post test untuk memastikan apakah para peserta telah memahami materi seputar sekretaris dan bendahara dengan baik. Setelah post test dan break makan siang, tibalah sesi utama dari rangkaian acara LDK Aktivis KMK BINUS, yakni Simulasi Pengerjaan Proposal dan LPJ. Sebelum memulai panitia menyampaikan penjelasan singkat mengenai tema dan syarat pengerjaan simulasi, kemudian peserta diberikan waktu selama tiga jam untuk mengerjakan proposal dan LPJ yang akan dipresentasikan untuk diberikan evaluasi oleh Sekretaris dan Bendahara Umum KMK BINUS.

Pelaksanaan LDK Aktivis KMK BINUS selama dua hari berjalan dengan baik. Maka dari itu, kami tidak pernah berhenti untuk mengucap syukur kepada Tuhan serta tidak lupa berterima kasih kepada panitia dan pembicara yang telah membantu melaksanakan rangkaian acara LDK Aktivis KMK BINUS ini. Tanpa bantuan mereka, kami tidak dapat menyediakan wadah bagi para calon aktivis untuk dapat mengembangkan sayap mereka dan mempersiapkan diri mereka untuk dapat menjalankan tugas mereka sebagai seorang aktivis dan calon panitia event di KMK BINUS. 

Akhir kata, tak lupa juga kami mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman calon aktivis atas partisipasi aktif dan antusiasme dalam menjalankan rangkaian LDK Aktivis KMK BINUS 2023, semoga seluruh materi yang disampaikan dapat menjadi bekal bagi teman-teman semua. Sampai jumpa di event KMK BINUS selanjutnya! KMK BINUS, All for Jesus!

 

Penulis : Calista Cherryl Jiu

Penyunting : Sekretaris Umum KMK BINUS