KERAJAAN MENANDAI MASUKNYA AGAMA HINDU KE NUSANTARA

Ilustrasi Kerajaan Kutai

Sumber : https://museumnusantara.com/kerajaan-kutai-lengkap/

Written By : I Gusti Ayu Tresza Dharmayani

Dalam sejarah, masuknya agama Hindu di ke Indonesia diperkirakan terjadi pada awal abad ke-4 dan berasal dari India. Hal pertama yang menandai agama Hindu masuk ke Indonesia adalah Kerajaan Kutai dan Tarumanegara.

  • Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu yang tertua di Indonesia yang merupakan tanda dari munculnya agama Hindu di Indonesia. Kerajaan Kutai didiraka sekitar abad ke-4. Letak kerajaan ini berada di daerah Muara Kaman di tepi Sungai Makam, Kalimatan Timur. Keberadaan agama Hindu di Kutai ditandai dengan tujuh buah Yupa. Terdapat keterangan dari tujuh Yupa itu yang menyebutkan kehidupan keagamaan pada waktu itu bahwa : “Yupa itu didirikan untuk memperingati dan Melaksanakan yadnya oleh Mulawarman”.

Ilustrasi Kerajaan Tarumanegara

Sumber : https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/04/30/mengenal-sejarah-kerajaan-tarumanegara

  • Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara merupakan salah satu dari penanda muncul Hindu di Nusantara. Kerajaan Tarumanegara merupakan tandanya agama Hindu berkembang di Jawa Barat. Kerajaan Tarumanegara mulai dari abad ke-5 hingga abad ke-7. Hal ini ditandai dengan ditemukannya tujuh  buah prasasti, yakni prasasati Ciaruteun, Kebonkopi, Jambu, Pasir Awi, Muara Cianten, Tugu dan Lebak. Prasasti-prasasati ini di tulis menggunakan bahasa Sansekerta dan memakai huruf Pallawa. Keterangan yang didapat dari prasasti-prasasti ini menyebutkan bahwa “Raja Purnawarman adalah Raja Tarumanegara beragama Hindu, beliau adalah raja yang gagah berani dan lukisan tapak kakinya disamakan dengan tapak kaki Dewa Wisnu”. Selain peninggalan ini yang menandakan agama Hindu di Jawa Barat adalah adanya perunggu di Cebuya yang menggunakan atribut Dewa Siwa yang diperkirakan dibuat pada masa Raja Tarumanegara.

Selain yang disebutkan diatas munculnya agama Hindu di Jawa Tengah ditandai oleh kerajaan Holing pada abad ke 6M. Hal ini ditandai dengan peninggalannya berupa Prasasti Tuk Mas yang berisi simbol agama Hindu. Begitulah kerajaan-kerajaan yang menjadi penanda masuknya agama Hindu di Nusantara.

 

 

I Gusti Ayu Tresza Dharmayani