DV Speak Up I 2022

Written by. Aily Kho Weny

Dhammavaddhana Speak Up (DV Speak Up) adalah salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh Bidang 3 dari KMBD area Alam sutera. Pada tahun ini, DV Speak Up akan diadakan sebanyak dua kali menimbang dari kegiatan DV Speak Up tahun lalu yang sangat bermanfaat bagi anggota KMBD. Kegiatan ini diselenggarakan oleh para aktivis dan pengurus dari Bidang 3 area Alam Sutera dalam bentuk workshop atau training. Target peserta dari kegiatan ini adalah anggota KMBD, baik itu aktivis maupun pengurus, dimana kami melihat bahwa masih banyak dari mereka yang memiliki berbagai kendala dalam melakukan public speaking. Harapannya, melalui DV Speak Up ini, kami dapat memfasilitasi anggota KMBD yang memiliki ketertarikan atau passion dalam public speaking untuk lebih mengembangkan skill tersebut.

DV Speak Up I telah dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 26 Juni 2022 secara online melalui Zoom Meetings, mengusung tema “Overcome Your Fears” dengan Kannitha Chaya Tunggandhi sebagai ketua pelaksana. Berdasarkan tema yang diusung, nyatanya, memang masih banyak dari kita yang menganggap bahwa public speaking atau berbicara di depan umum merupakan hal yang menakutkan. Hal itu diperkuat dengan banyaknya penelitian yang menyebutkan tentang ketakutan terhadap public speaking telah dirasakan oleh 75% orang di dunia. Tak jarang atau hampir selalu, public speaking memang dapat membuat kita cemas, gugup, dan berujung pada ketakutan. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri juga, bahwa public speaking adalah salah satu soft skill yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja dan juga sehari-hari. Oleh karena itu, kami berharap bahwa dengan adanya DV Speak Up I ini, para peserta yaitu anggota KMBD yang memiliki minat dan passion terhadap public speaking mampu mengatasi kendalanya dalam berbicara di depan umum serta dapat meningkatkan soft skill tersebut.

Pada kesempatan kali ini, DV Speak Up I berkesempatan untuk menghadirkan Ferdi Kawi sebagai speaker sekaligus trainer untuk para peserta. Beliau merupakan seorang professional trainer untuk public speaking yang terbukti melalui segudang prestasinya berkaitan dengan public speaking . Bergelar sebagai Lulusan Terbaik Predikat Seroja Sertified Public Speakers IPSA, tidak perlu diragukan lagi bahwa Beliau adalah public speaker yang sudah berpengalaman di bidangnya. Kegiatan dibuka oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi oleh speaker dengan sangat attractive mengenai tips and tricks public speaking yang baik dan dapat menarik attention dari para audience. Lalu, terdapat sesi tanya jawab oleh peserta kepada speaker menyangkut topik workshop dan materi yang telah disampaikan. Setelah mendapatkan teorinya, seluruh peserta diminta untuk melakukan praktek public speaking satu per satu sebagai bentuk implementasi tips and tricks pada sesi penyampaian materi dari speaker. Tidak selesai di sana, para peserta juga berkesempatan untuk mendapatkan feedback dari speaker atas performance mereka. Kegiatan berlanjut dengan beberapa sesi singkat dan penutupan oleh MC. Dengan demikian, kegiatan DV Speak Up 1 yang dimulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB dapat dikatakan selesai.

Dari kegiatan DV Speak Up I yang telah dilaksanakan, diharapkan seluruh peserta dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan ketakutan mereka akan public speaking. Besar pula harapan kami kepada para peserta agar dapat menggunakan ilmu dan pengalaman baru yang diperoleh dari kegiatan ini untuk masa depannya dengan baik. Semoga dengan kemampuan public speaking yang baik, peserta dapat menyampaikan gagasan, ide, informasi, atau hal lainnya dengan baik. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada Ferdi Kawi karena telah bersedia menjadi speaker sekaligus trainer sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan sangat spectacular. Selain dari itu, kami juga berterima kasih kepada seluruh peserta yang sudah berpartisipasi dari awal hingga akhir untuk ikut meramaikan kegiatan ini.

Aily Kho Weny