Seminar Editing Photography

Oleh : Firman Dwitya Rahman

Acara seminar Editing with Passion yang diselenggarakan pada tanggal 26 Maret kemarin membahas bagaimana cara mengedit sebuah foto yang sesuai dengan keinginan kita. Acara ini dibawakan oleh dua pembicara yaitu Christian Ady Candra dan Airlangga Trihatmojo.

Candra(kiri) dan Airlangga(kanan) sedang memberikan materi seminar

Mereka membahas bahwa mengedit sebuah foto itu harus dilihat dari beberapa faktor seperti exposure. Bila sebuah foto terjadi kebocoran (seperti ada objek yang tidak diinginkan didalam foto), maka lakukan cropping pada foto tersebut. Atau ketika ada noise dalam foto, bisa dimanipulasi dan dikurangi tingkat noise tersebut dengan menggunakan software khusus editing. Jika boleh jujur, mengedit sebuah foto itu sebenarnya mudah, karna hanya dengan meng-cropping sebuah foto, mengatur kontras foto apalagi sekarang ini sudah ada aplikasi di gadget kalian.

Saat ini kebanyakan smartphone sudah menyediakan jasa editing instan sehingga tidak perlu menggunakan photoshop lagi. Hanya saja, jika kalian ingin mencoba mengedit sendiri tanpa menggunakan aplikasi edit foto secara instan, maka gunakanlah aplikasi seperti photoshop. Salah satu pembicara menggunakan aplikasi yang bernama ACDSee Pro 6. Aplikasi tersebut merupakan salah satu aplikasi yang mudah dimengerti untuk para pemula. Aplikasi tersebut memiliki fitur yang hampir sama seperti aplikasi edit foto lainnya. Hanya saja tidak seperti photoshop, yang memang aplikasi tersebut dipakai bagi para editor yang sudah cukup mengerti aplikasi tersebut. Jika belum mengerti cara menggunakan photoshop, mungkin karena memang pengalaman dalam menggunakan aplikasi tersebut kurang. Jika kita ingin mengedit sebuah foto sebagus seseorang yang jago editing, maka kita harus perbanyak melatih teknik editing kita sesering mungkin dan mencoba fitur yang disediakan oleh aplikasi yang digunakan sehingga kita lebih terbiasa dalam menggunakannya. Dalam seminar kali ini, Klifonara menyarankan para pesertanya untuk membawa laptop masing-masing agar dapat mencoba aplikasinya secara langsung.

Para peserta mencoba aplikasinya di laptop masing-masing

 

Foto bersama

Seru banget kan acara seminar dari Klifo kali ini? Tunggu berita acara dari Klifonara selanjutnya yaa. Salam klik!!