Seminar dan Workshop: Fotografi Ruang Kosong

Oleh: Katherine Sumartonjo (1901456180)

Fotografi minimalis adalah jenis fotografi yang cukup diminati. Dalam jenis fotografi ini, kita lebih banyak memberikan area kosong dan objek foto hanya menempati sedikit ruang.

Pada tanggal 18 Maret 2017, KLIFONARA mengadakan seminar dan workshop berjudul : “Fotografi Ruang Kosong” di Kampus Syahdan ruang J1A. Acara ini dibawakan oleh Rifqi Oktadimas, salah satu minimalist photographer yang sudah cukup terkenal di dunia instagram

Dalam seminar, Dimas menjelaskan bahwa dalam fotografi minimalis, justru banyaknya ruang kosong adalah salah satu nilai tambah. Dengan objek yang hanya mengisi sedikit ruang, fokus orang yang melihat foto tersebut akan langsung terarah pada objek foto dan menimbulkan kesan yang kuat.

Setelah seminar, acara dilanjutkan dengan kegiatan Workshop. pada sesi ini, para peserta diberi kesempatan untuk mencoba memotret minimalis dengan bimbingan dari pembicara. Para peserta tampak antusias mencoba dalam workshop ini.

Di akhir acara, Dimas juga menambahkan, salah satu prinsip yang paling dianut nya sampai sekarang adalah percaya diri dan pantang menyerah. Dalam dunia fotografi, trials and errors adalah hal wajib, karena itu untuk mendapatkan hasil foto yang sempurna, seorang fotografer harus punya sifat optimis, pantang menyerah, dan mau belajar serta bersedia mencoba berkali kali.