Hari-Hari Besar Agama Khonghucu

Sumber : Detik.com (Thinkstock)

Setiap agama memiliki hari besarnya masing-masing yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal yang berbeda-beda serta makna yang tersimpan dibalik hari perayaan tersebut. Ada banyak hari yang dirayakan dalam Agama Khonghucu dan berikut adalah beberapa hari besar yang biasanya dirayakan oleh umat Khonghucu antara lain seperti:

  • Tahun baru Imlek

Biasanya dirayakan pada tanggal 1 bulan 1 kalender penanggalan China atau setiap 1 Cia Gwee dan dirayakan selama 15 hari. Pada perayaan ini biasanya diperingati dengan menghias rumah dengan banyak dekorasi berwarna merah, membeli baju baru, berkunjung ke rumah keluarga atau teman, dll.

  • Cap Go Meh

Setelah perayaan Imlek, Cap Go Meh diperingati pada hari ke 15 penanggalan kalender China sekaligus menandakan berakhirnya hari raya Imlek. Biasanya Cap Go Meh identik dengan pertunjukan pawai Barongsai atau Naga.

  • Twan Yang 

Twan Yang atau dikenal juga dengan “Hari Raya Peh Cun” diperingati setiap tanggal 5 bulan 5 dalam penanggalan kalender China atau disebut juga dengan “Go Gwee Go Hauw”. Pada hari raya ini Umat Khonghucu melaksanakan ibadah mulai dari jam 11.00-13.00 siang. Pada hari raya ini dipercayai posisi matahari, bulan, dan bumi berada pada posisi yang tegak lurus sehingga ada kemungkinan dapat terjadi bencana alam seperti gempa, banjir, dll, agar hal tersebut dapat dihindari maka Umat Khonghucu akan bersembahyang memohon perlindungan serta bersyukur kepada Tian terhadap alam yang diberikan, perayaan ini juga bermaksud untuk memperingati manusia untuk senantiasa memelihara alam.

  • Tangcik

Tangcik atau Dongzhi adalah perayaan yang dilaksanakan pada tanggal 21 hingga 22 Desember, perayaan ini biasanya identik dengan satu sajian wajibnya, yakni ronde atau minuman kuah jahe yang berisikan adonan bola tepung dengan kombinasi 2 warna yaitu merah dan putih. Dua warna ini melambangkan Yin dan Yang atau keseimbangan dalam kehidupan manusia. Namun, seiring berkembangnya zaman bola-bola tepung tersebut sudah memiliki berbagai warna seperti hijau, dll.

  • Festival Ching Ming

Biasanya dikenal juga dengan sebutan Cheng Beng merupakan perayaan yang biasanya dilaksanakan pada tanggal 5 April. Festival ini bertujuan sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur dengan cara berziarah ke makam, kemudian membersihkan makam tersebut dan berdoa kepada Tian dan leluhur. Biasanya ketika berziarah ke makam leluhur para pengunjung membawa beberapa persembahan berupa bunga, makanan, uang kertas, dll.

  • Hari kelahiran Nabi Kongzi

Selain sebagai seorang Nabi Agung, Nabi Kongzi juga berperan besar dalam mengajarkan dan menyebarkan Agama Khonghucu di dunia. Biasanya peringatan hari kelahiran Nabi Kongzi dilaksanakan pada tanggal 28 September setiap tahunnya.

Referensi:

Nandy. (2023, April 15). Daftar Hari Raya Konghucu dan Tujuan Perayaannya. Gramedia.com. https://www.gramedia.com/best-seller/daftar-hari-raya-konghucu/

Tim Kumparan. (2021, Agustus 11). Hari Besar Agama Khonghucu dan Waktu Perayaannya. kumparan.com. https://kumparan.com/berita-update/hari-besar-agama-khonghucu-dan-waktu-perayaannya-1wJKpGus3Nd/full

Vincent Layrendo