Sembahyang Ce It dan Cap Go

Sumber: https://shorturl.at/ehIV3

Sembahyang Ce It (初一) dan Cap Go (十五) ialah sembahyang yang dilakukan oleh para umat Tionghoa khususnya Khonghucu kepada Tian, para Shen Ming, dan juga leluhur yang telah tiada. Seperti dengan namanya, kedua sembahyang ini dilakukan pada tanggal 1 dan 15 setiap bulan pada kalender Imlek. Berdasarkan kalender Imlek yang berdasar pada pergerakan bulan, tanggal 1 ialah bulan baru dan tanggal 15 ialah bulan purnama. Terdapat pendapat yang mengatakan bahwa “Sembahyang Ce It” dan “Sembahyang Cap Go” ini memiliki pengaruh yang cukup besar dalam terbukanya pintu berkah. Hal ini sesuai dengan perkataan “Baik gelap atau terang bulan, pintu keberkahan sedang bagus-bagusnya”. 

Selain sembahyang di kelenteng, sembahyang Ce It dan Cap Go ini juga bisa dilakukan di rumah masing-masing umat pada waktu siang ataupun malam hari.

Sumber: https://shorturl.at/aoyOS

Sumber: https://shorturl.at/ipDU9

Apa alasan kita harus sembahyang Ce It dan Cap Go?

Jadi para umat yang melakukan sembahyang Ce It dan Cap Go memiliki tujuan yang berbeda-beda. Contohnya untuk memohon kesehatan. Akan tetapi, bagi umat Khonghucu, sembahyang Ce It dan Cap Go ini dilakukan sebagai wujud bakti mereka terhadap Tian, para Shen Ming, dan juga leluhur. 

Sayang sekali, masih ada orang yang melewatkan sembahyang Ce It dan Cap Go ini. Tentunya, alangkah baiknya apabila kita tidak melewatkan hari-hari persembahyangan seperti hari sembahyang Ce It dan Cap Go ini. Karena selain ini melambangkan wujud bakti kita, ini juga dapat membantu menenangkan pikiran dan emosi kita.

Referensi:

Tan, H. (2021). Sembahyang Ce It dan Cap Go. Tionghoa.Info.

https://www.tionghoa.info/sembahyang-ce-it-dan-cap-go/ 

Hai, H. (2018). Sembahyang Ce It Cap Go. Bengcu Menggugat.

https://bengcumenggugat.com/2018/02/12/sembahyang-ce-it-cap-go/

Vianny Sutanto