Tong Zi Dan, Camilan Telur Unik dari Tiongkok

Sumber: https://www.liputan6.com/citizen6/read/3126609/tong-zi-dan-telur-berkhasiat-yang-direbus-dengan-urine-bocah

Di samping cerita sejarah dan kebudayaannya, Tiongkok juga memiliki berbagai macam hidangan makanan yang tidak biasa. Tong zi dan adalah salah satunya. Jika lazimnya telur direbus dengan air biasa, maka lain halnya camilan telur tradisional yang berasal dari Dongyang, provinsi Zhejiang, Tiongkok tersebut. Tong zi dan pada dasarnya merupakan telur yang direbus dengan air seni. Air seninya pun bukan sembarang air seni, melainkan air seni anak laki-laki yang berusia kurang atau sama dengan sepuluh tahun. Oleh karenanya, tak heran aroma pesing khas amonia akan tercium dari tong zi dan.

Meski belum ada penjelasan lebih lanjut terkait alasan mengapa harus air seni anak laki-laki yang digunakan, tong zi dan sudah cukup populer dan digemari di kalangan masyarakat setempat khususnya pada saat musim semi tiba. Tong zi dan juga dipercaya baik bagi kesehatan karena dinilai ampuh untuk melancarkan aliran darah dan menstabilkan suhu tubuh.

Adapun proses pembuatan tong zi dan sendiri tergolong sederhana. Telur-telur tinggal direndam dalam kuali atau dandang besar dan direbus seharian dengan air seni anak laki-laki—yang sebelumnya sudah sengaja dikumpulkan dari sekolah-sekolah—agar rasanya meresap sempurna. Tunggu hingga cangkang telur retak, lalu tiriskan. Tong zi dan pun siap disantap.

Referensi

Tanhati, S. (2021, October 6). Kuliner Ekstrem Tong Zi Dan, Telur Rebus dalam Air Kencing Anak Lelaki – Semua Halaman – National Geographic. National Geographic Indonesia. Retrieved July 7, 2022, from https://nationalgeographic.grid.id/read/132926571/kuliner-ekstrem-tong-zi-dan-telur-rebus-dalam-air-kencing-anak-lelaki?

Tifani, N. A. (2017, October 15). Tong Zi Dan, Telur Berkhasiat yang Direbus dengan Urine Bocah. Liputan6.com. Retrieved July 7, 2022, from https://www.liputan6.com/citizen6/read/3126609/tong-zi-dan-telur-berkhasiat-yang-direbus-dengan-urine-bocah

Yan, A. (2019, April 21). Chinese cuisine has wild side where some food lovers dare not walk. South China Morning Post. Retrieved July 7, 2022, from https://www.scmp.com/news/china/society/article/3006744/chinese-cuisine-has-wild-side-where-some-food-lovers-dare-not

Wyly Setiawan