Confucian Service 1 Oktober 2023

Hari Batik Nasional

KBMK (Keluarga Besar Mahasiswa Khonghucu) saat ini sedang melaksanakan Confucian Service 2023 dengan tema besar “Hari-Hari Besar dan Tradisi Konghucu di Indonesia”. Kegiatan ini berlangsung di Litang Khongcu Bio yang berada di Pasar Lama Tangerang.

Pada pertemuan pertama, tepatnya pada hari Minggu, 1 Oktober 2023, kami memberikan materi tentang “Hari Batik Nasional” yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 2 Oktober. Kami menyampaikan materi mengenai pengertian batik, sejarah batik, kapan Hari Batik Nasional, jenis-jenis batik, dan macam-macam batik. Kami meminta bantuan seorang anak untuk membantu membacakan satu ayat suci yang telah ditentukan. Kemudian kami menjelaskan keterkaitan ayat tersebut dengan materi batik yang telah disampaikan.

Ice breaking kali ini kami mengajak anak-anak untuk mewarnai motif batik yang telah kami siapkan. Setelah waktu ice breaking habis, kita merayakan semua orang yang berulang tahun di bulan Juli-September dan diakhiri dengan sesi dokumentasi seluruh panitia dan peserta. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, panitia dan peserta terlihat aktif dari awal hingga akhir. Kami harap dengan adanya penyampaian materi tentang batik ini dapat menambah wawasan kita semua. Kami juga berharap materi kali ini semakin mendorong kita untuk mencintai dan melestarikan batik yang merupakan budaya khas Indonesia. Shanzai!

Sampai bertemu di Confucian Service minggu depan!! ^_^

Putri Agnes Thalia