MingDe 1 April 2022

Ming De 1 April 2022

Cengbeng atau Qingming festival

 

Pada tanggal 1 April 2022, KBMK Binus University melakukan kegiatan Ming De atau Kelas Kebajikan. Mingde kali ini membahas tentang “Cengbeng atau Qingming Festival”. Dalam pembahasan Ming De kali ini, kita telah membahas tentang apa itu cengbeng, sejarah Cengbeng, macam-macam cara pengabdian anak berbakti, dan alasan kenapa kita harus sembahyang kepada leluhur. Untuk membahas topik ini, KBMK Binus mengundang Ws. Gunadi Prabukti untuk menjelaskan materi seputar Cengbeng atau Qingming.

 

Cengbeng atau Qingming adalah upacara sembahyang kepada leluhur atau prosesi kita berziarah ke makan saudara atau kerabat kita yang sudah meninggal. Cengbeng sebagai tradisi orang Tionghoa untuk membersihkan makam leluhur dan sebagai acara berkumpulnya saudara atau kerabat. Dalam materi Ws. Gunadi menjelaskan ada tiga masa pengabdian yang dilakukan oleh anak berbakti yaitu saat hidup kita melayani atau merawat mereka sesuai kesusilaan, ketika meninggal kita makamkan dengan kesusilaan dengan banyak cara karena apapun cara yang dilakukan semuanya akan ke bumi tergantung dari daerah atau budaya masing-masing. Tetapi dalam agama Khonghucu biasanya saat ada saudara meninggal kita akan melakukan pemakaman dengan cara dikubur, dan setelah masa berkabung kita sembahyangkan sesuai dengan kesusilaan.

 

Ws. Gunadi juga memberikan ayat kitab Zhonhyong Bab XVII:2 Adapun yang dinamai berbakti ialah dapat baik-baik melanjutkan cita-cita mulia dan dapat baik-baik meneruskan pekerjaan mulia manusia/orang tuanya.

 

Seluruh peserta dalam sesi Ming De hari ini mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang kita dapatkan. Ming De akan diakhiri dengan doa penutup dan foto bersama sebagai dokumentasi bersama Ws. Gunadi. Semoga kita semua lebih berbakti lagi kepada orang tua dan sanak saudara, Shanzai. Sampai jumpa di Ming De selanjutnya!